Pengaruh Media Sosial Instagram @exploremalang terhadap Minat Berkunjung Followers ke Suatu Destinasi (Survey Pada Pengunjung Kampung Warna-Warni Jodipan)

Adinda, Sakinah (2019) Pengaruh Media Sosial Instagram @exploremalang terhadap Minat Berkunjung Followers ke Suatu Destinasi (Survey Pada Pengunjung Kampung Warna-Warni Jodipan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yang memberikan pengaruh terhadap perkembangan internet di Indonesia. Penggunaan internet tersebut memunculkan tren baru seperti munculnya media sosial. Media sosial dapat dijadikan media promosi yang tepat karena orang dapat memperbarui stasus dimanapun dan kapanpun. Salah satu media sosial yang saat ini diminatin oleh semua orang dan dijadikan sebagai media promosi adalah Instagram. Salah satu akun yang digunakan untuk promosi adalah akun @exploremalang yang mempromosikan destinasi yang ada di kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Explanatory Research ( Penelitian Penjelas). Populasi dalam penelitian ini pengunjung Kampung Warna-Warni Jodipan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 118 responden Kampung Warna-Warni Jodipan yang mengikuti akun @exploremalang dengan teknik purposive sampling dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Skala pengukuran dengan menggunakan skala likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif, analisis data regresi sederhana dan uji t. data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 20 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Media Sosial Instagram @exploremalang berpengaruh terhadap Minat berkunjung followers ke suatu destinasi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Sosial Instagram @exploremalang (X) terhadap Minat Berkunjung (Y).

English Abstract

This research is motivated by technological advances that have an influence on the development of the internet in Indonesia. The used of the internet raises new trends such as the emergence of social media. Social media can be used as the media for the right promotion because people can update the station wherever and whenever. One of the social media that is currently attracted by everyone and is used as a media campaign is Instagram. One of the accounts used for promotion is the @exploremalang account that promotes destinations in Malang. This research used methods quantitative research with the type of Explanatory Research. The population in this study were visitors to Kampung Warna-Warni Jodipan. The number of samples used was 118 respondents from Kampung Warna-Warni Jodipan who joined the @exploremalang account with a purposive sampling technique with predetermined characteristics. Data collection in this study used a questionnaire. The measurement scale uses a Likert scale. The data in this study were analyzed by descriptive data analysis techniques, simple regression data analysis and t test. the data in this study were processed using the help of IBM SPSS Statistics 20 for Windows. The results of this study showed that Instagram social media @exploremalang has an effect on interest in visiting a destination. So it can be concluded that there is a significant influence between Instagram Social Media @exploremalang (X) on Visiting Interest (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/353/051906363
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Minat Berkunjung-Instagram Social Media, Visiting Interest
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:58
Last Modified: 21 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172241
[thumbnail of Sakinah Adinda.pdf]
Preview
Text
Sakinah Adinda.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item