Aini, Rofifah Nur (2019) Upaya Maskapai Penerbangan dalam Meningkatkan Kinerja On Time Performance (Studi pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
On Time Performance (OTP) menjadi salah satu indikator penilaian kinerja pada perusahaan penerbangan. On Time Performance (OTP) merupakan kemampuan maskapai penerbangan untuk berangkat atau tiba dengan tepat waktu. Obyek dari penelitian ini adalah maskapai penerbangan Garuda Indonesia. On Time Performance (OTP) Garuda Indonesia pada tahun 2017 mengalami fluktuasi namun pada tahun 2018 mengalami kenaikan secara bertahap. Maskapai Garuda Indonesia berhasil mempertahankan prestasinya dalam lima besar maskapai global dengan jumlah penerbangan diatas sepuluh ribu melalui capaian On Time Performance (OTP). Melihat hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja On Time Performance (OTP), serta faktor penyebab On Time Performance (OTP) tidak tercapai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Apa saja faktor penyebab On Time Performance (OTP) tidak tercapai pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja On Time Performance (OTP)? Sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari informan, dokumen, dokumentasi, dan observasi. Teknik pemilihan narasumber dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan tiga tahap analisis data yaitu pengumpulan data, pengklasifikasian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan faktor penyebab tidak tercapainya On Time Performance (OTP) berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang disebabkan oleh manajemen airline, meliputi faktor teknik, faktor station handling, faktor komersial, faktor sistem dan faktor flight operations. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor penyebab diluar dari manajemen airline, meliputi faktor fasilitas bandara, faktor cuaca dan faktor bermacam-macam. Pihak maskapai penerbangan telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi keterlambatan atau On Time Performance (OTP) yang tidak tercapai, sehingga dengan adanya upaya tersebut dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan prestasinya melalui capaian kinerja On Time Performance (OTP).
English Abstract
On Time Performance (OTP) is one of performance appraisal indicator in airlines. On Time Performance (OTP) is the ability of airlines to depart or arrive on time. The object of this study is the Garuda Indonesia airline. Garuda Indonesia's On Time Performance (OTP) in 2017 has fluctuated however in 2018 has increased gradually. Garuda Indonesia airlines have managed to maintain their achievements in the top five global airlines with the number of flights above ten thousand through the achievement of On Time Performance (OTP). Seeing that, this study aims to determine the efforts made by Garuda Indonesia airlines in improving the performance of On Time Performance (OTP), and the factors that cause On Time Performance (OTP) are not achieved. This type of research used exploratory research with a qualitative approach. The formulation of the problems examined by the researcher are: (1) What are the factors that cause On Time Performance (OTP) are not achieved? (2) What efforts have been made by Garuda Indonesia airlines to improve the performance of On Time Performance (OTP)? Sources of data collected in this study were obtained from informants, documents, documentation, and observations. The resource selection technique in this study used purposive sampling. Data collection techniques used by researcher are observation, interviews and documentation, and using three stages of data analysis, namely data collection, data classification and drawing conclusions. The results of this study found that the causes of not achieving On Time Performance (OTP) came from internal factors and external factors. Internal factors are factors caused by airline management, including technical factors, station handling factors, commercial factors, system factors and flight operations factors. While external factors are causal factors outside of airline management, including airport facilities, weather factors and various factors. The airline has made several efforts to overcome the delay or On Time Performance (OTP) that has not been achieved, so that with these efforts can maintain and increase its performance through the achievement of On Time Performance (OTP)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/396/051906410 |
Uncontrolled Keywords: | On Time Performance (OTP), Delay |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 Oct 2020 07:45 |
Last Modified: | 31 Oct 2020 07:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172096 |
Actions (login required)
View Item |