Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Shopee Melalui Brand Awareness

Nugraha, Adhika (2019) Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Shopee Melalui Brand Awareness. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan selalu ingin berusaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara mempertahankan dan mencari konsumen yang baru. Merencanakan dan mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran adalah hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Beberapa diantara elemen komunikasi pemasaran adalah periklanan dan promosi penjualan. Kedua hal tersebut telah dilakukan oleh Shopee sebagai salah satu brand E-Commerce di Indonesia yang bertujuan untuk meraih konsumen agar melakukan transaksi pembelian melalui Shopee.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising dan sales promotion terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan paradigma positivistik. Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan sampel dengan jumlah 116 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data dilakukan secara online melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan brand awareness sebagai variabel perantara mempunyai peran yang kuat dalam mempengaruhi hubungan antara advertising terhadap keputusan pembelian dan mempengaruhi hubungan antara sales promotion terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan perhitungan pengaruh langsung (direct effect) dan perhitungan pengaruh tidak langsung (indirect effect), variabel brand awareness memiliki peran yang lebih kuat sebagai variabel perantara yang menghubungkan pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian, dibandingkan pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

Every company always wants to try and develop their business by maintaining and looking for new customers. Planning and implementing a marketing communication strategy are the things that need to be considered by the company. Some of the elements of marketing communication are advertising and sales promotion. Both of those strategies have been done by Shopee as one of the E-Commerce brands in Indonesia. Those strategies are aim to reach consumers to make purchase transactions through Shopee.This study aims to determine the influence of advertising and sales promotion on purchase decisions through brand awareness.This study uses quantitative as the type of the research with a positivistic paradigm. This study uses an explanatory survey method that uses a questionnaire as an instrument for data collection. This study uses 116 respondents as a research sample. The sampling technique for the research was using purposive sampling technique. The data collection method is using Google Form. This study uses path analysis to analyze the data.The results show that brand awareness as an intermediary variable has a strong role in influencing the relationship between advertising and purchase decisions and influences the relationship between sales promotion and purchase decisions. Based on the calculation of direct effects and the calculation of indirect effects, brand awareness variable have a stronger role as an intermediary variable that connects the influence of advertising on purchase decisions, compared to the effect of sales promotion on purchase decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/696/051906502
Uncontrolled Keywords: advertising, sales promotion, brand awareness, keputusan pembelian, E-commerce-advertising, sales promotion, brand awareness, purchase decision, Ecommerce
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:11
Last Modified: 21 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171551
[thumbnail of Adhika Nugraha.pdf]
Preview
Text
Adhika Nugraha.pdf

Download (57MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item