Shafynoudy, Fanny Rohmah (2019) Pengaruh Electronic Wodrd of Mouth pada Online Customer Review terhadap Minat Pembelian berdasarkan Elaboration Likehood Model (Studi pada akun Instagram @herbalifeindonesiaofficial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Electronic Word Of Mouth (EWOM) merupakan bentuk baru dari WOM karena penyebaran informasi produk atau jasa melalui interrnet. Pada penelitian ini berfokus pada online reviews yang mengulas mengenai produk kesehatan yaitu Herbalife. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari EWOM dalam hal ini online reviews yang terdapat pada Instagram @Herbalifeindonesiaofficial terhadap minat pembelian berdasarkan Elaboration Likehood Model. Kajian teori Elaboration Likelihood Model yang akan digunakan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini kedua rute Elaboration Likelihood Model digunakan untuk menganalis Electronic Word Of Mouth. Variabel terdiri dari dimensi Electronic Word Of Mouth dibagi kedalam rute sentral dan rute perferal. Variabel independen pada rute sentral terdiri dari information relevance (X1), information understandbility (X2), information accuracy (X3) dan value added information (X4). Sedangkan variabel pada rute periferal information quantity (X5). Variabel dependen adalah minat pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner online dan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukan bahwa dimensi Electronic Word Of Mouth yang paling dominan dan berpengaruh pada Online Customer Reviews terhadap minat pembelian adalah information accuracy (X3), information relevance (X1), information quantity (X5), information understandbility (X2), dan sedangkan value added information (X4) tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Namun berdasarkan uji hipotesis secara simultan bahwa seluruh dimensi Electronic Word Of Mouth pada variabel indepeden memiliki pengaruh pada Online Customer Review terhadap minat pembelian.
English Abstract
Electronic Word Of Mouth (EWOM) is a new form of WOM since the distribution of product information or service via internet. This study focuses on online reviews about a Health Product @herbalifieindoensiaofficial. This study is Online Customer Review of EWOM, in this case is online reviews on Instagram @herbalifeindonesiaofficial. Literature review of Elaboration Likelihood Model will be used in this study. In this study, both routes of Elaboration Likelihood Model are used to analyze Electronic Word Of Mouth dimension that is divided into central route and peripheral route. The independent variables on central route are information relevance (X1), information understandbility (X2), information accuracy (X3) dan value added information (X4). Sedangkan variabel pada rute periferal information quantity (X5). Variabel dependen adalah minat pembelian (Y). The research method is explanative quantitative by using data collection technique via online questionnaire and use linear regression data collection technique. The result of the study based on the data analysis indicate that the most dominant and affecting variables in Electronic Word Of Mouth dimension to the purchase intention in JABODETABEK area are product ranking (X6), information relevance (X2), value added information (X4), information quantity (X5), and information accuracy (X3), while information timeliness (X1) has no significant effect. Nevertheless, based on the hypothesis test Electronic Word Of Mouth dimension on independent variables affect to the purchase intention.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/662/051905508 |
Uncontrolled Keywords: | elaboration likelihood model, electronic word of mouth, , online reviews, minat pembelian-elaboration likelihood model, electronic word of mouth, online reviews, purchase intention. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:58 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171372 |
![]() |
Text
Fanny Rohmah Shafynoudy.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |