Pengaruh Citra Institusi dan Kualitas Layanan terhadap Retensi Melalui Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Universitas Ma Chung di Kota Malang)

Dwi K, Natalia Erlika (2018) Pengaruh Citra Institusi dan Kualitas Layanan terhadap Retensi Melalui Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Universitas Ma Chung di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara empiris peran kepuasan mahasiswa dalam memediasi pengaruh citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi mahasiswa pada Universitas Ma Chung di Kota Malang. Pengembangan model penelitian dilakukan dengan menguji dan menganalisis ulang, baik pengaruh langsung antara citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi mahasiswa, maupun pengaruh tidak langsungnya melalui kepuasan mahasiswa. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (baik Program Studi Manajemen maupun Akuntansi) yang telah menempuh proses pendidikan tinggi untuk angkatan tahun 2013 - 2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Berdasarkan perhitungan sample size diperoleh total sampel sebanyak 199 responden, dengan alokasi 140 responden untuk mahasiswa jurusan manajemen dan 59 responden untuk akuntansi. Model analisis yang digunakan adalah model struktural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), sedangkan perhitungan analisisnya menggunakan aplikasi software SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa baik citra institusi maupun kualitas layanan tidak mempunyai efek penting dalam meningkatkan retensi mahasiswa. Sementara hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat memberikan peran mediasi sempurna pada efek citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi mahasiswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan kembali ukuran – ukuran dalam konsep yang diamati serta pergeseran paradigma dari ekonomi industri ke ekonomi berorientasi layanan.

English Abstract

This study analyzes the role of student satisfaction in mediating the influence of institutional image and service quality on student retention at Ma Chung University in Malang. As an explanatory study, research framework developed by testing and re-analyzing, either direct influence between institutional image and service quality toward student retention, or indirect influence through student's satisfaction. The target population in this study is all students of Faculty of Economics and Business (both Management and Accounting Study Program) who have taken the process of higher education for the year 2013 to 2015. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling. Based on the sample size calculation, the total sample is 199 respondents, with the allocation of 140 respondents for the management department and 59 respondents for accounting. The analysis model used is the structural model with Partial Least Square (PLS) approach, while the calculation of the analysis using SmartPLS software application. The results revealed that neither the institutional image nor the service quality had any significant effect on improving student retention. While the mediation test results showed that student satisfaction can provide a perfect mediation role on the effect of institutional image and service quality on student retention. Further research is suggested to reconsider the measures in the observed concept as well as the paradigm shift from industrial economy to service oriented economy.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/DWI/p/041810316
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER SERVICES--MANAGEMENT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:52
Last Modified: 29 May 2020 17:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171025
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item