Putri, Nesya Larasati Prida (2019) Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard di PT. Kampung Coklat Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Kampung Coklat Blitar merupakan perusahaan yang memiliki sebuah area wisata edukasi keluarga yang dilengkapi dengan wisata kuliner coklat. Perusahaan memiliki tiga strategy business unit yaitu wisata edukasi, trading biji, dan produk coklat. Berdasarkan ketiga strategy business unit tersebut, trading biji telah dianggap baik kinerjanya sehingga tidak perlu dilakukan improvement. Namun hal ini akan berbeda dengan strategy business unit lain yaitu wisata edukasi. Wisata edukasi memiliki strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung, tetapi hal ini tidak dapat dicapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan perusahaan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja perusahaan PT Kampung Coklat Blitar sehingga dapat mengetahui perbaikan yang diperlukan dari permasalahan ini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan metode Balanced Scorecard (BSC) yang dibantu Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System (TLS). Tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data primer data dan sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dan diskusi dengan direktur operasional serta penyebaran kuesioner kepada sembilan decision maker yang berwenang. Sedangkan data sekunder berupa profil perusahaan, laporan keuangan tahunan, data jumlah pengunjung, data retensi pelanggan, data ketepatan pengiriman, data pelaksanaan kegiatan kerohanian, data rekan mitra usaha, dan data keryawan. Kemudian dilakukan pengolahan data yang terbagi menjadi lima tahap. Pertama, penentuan tujuan strategis setiap perspektif. Kedua, penentuan program inisiatif dan aktivitas. Ketiga, validasi tujuan strategis, program inisiatif, dan aktivitas. Keempat, melakukan pembobotan dengan AHP. Kelima, perhitungan skor pencapaian kinerja dengan OMAX dan TLS. Penelitian ini menunjukkan terdapat 20 KPI yang telah divalidasi dari keempat perspektif. 20 KPI terdiri dari 5 KPI dari perspektif financial, 4 KPI dari perspektif customer, 8 KPI dari perspektif internal business process, dan 3 KPI dari perspektif learning and growth. Hasil dari pengukuran kinerja perusahaan menunjukkan current perfomance indicator pada tahun 2018 adalah sebesar 7,4143 yang berada pada kategori kuning yang berarti masih belum mencapai target sehingga beberapa indikator kinerja perlu diperbaiki. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya meningkatkan budaya marketing untuk karyawan, pemberian SOP terkait penanganan keluhan pengunjung, pemasangan kotak saran, melakukan market research, mengadakan seminar pengembangan diri seperti pelatihan dan pendidikan untuk karyawan, serta menaikkan gaji karyawan hingga sesuai UMR Kabupaten Blitar. Saran yang diberikan yaitu perusahaan diharapkan dapat mempertahankan dan memperbaiki indikator-indikator kinerja (KPI), melakukan peningkatan target, serta untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan penilaian terhadap efektivitas dari rekomendasi yang diberikan.
English Abstract
PT Kampung Coklat Blitar is a company that has a family education tourism area that is equipped with chocolate culinary tours. This company has three strategic business unit, there are educational tourism, seed trading, and chocolate products. Based on the three strategic business units, seed trading has been considered to be one of good performance which there is no need for improvement. This is will be different from the other strategy unit business, educational tourism. Educational tourism has a strategy for increasing the number of visitors, but this cannot be achieved in accordance with the targets set by the company. Therefore the purpose of this research is to analyze the performance of the company PT Kampung Coklat Blitar so that they can find out the necessary improvements from this problem. The research method used in this research is Balanced Scorecard (BSC) assisted with Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System (TLS). The first stage of this research was collecting primary data and secondary data. Primary data is the result of interviews and discussions with the operational director and distribute questionnaires to nine decision makers. While secondary data in the form of the company profile, annual financial reports, visitor number data, customer retention data, delivery accuracy data, the implementation of spiritual activity data, business partners and employee data. Data processing is then divided into five stages. First, determining the strategic objectives of each perspective. Second, determining the initiative program and activity. Third, validation of strategy objectives, initiative programs, and activity. Fourth, weighting with AHP. Fifth, calculation of performance achievement scores with OMAX and TLS. This research shows 20 KPIs that are validated from four perspectives. 20 KPIs consists of 5 KPIs from a financial perspective, 4 KPIs from a customer perspective, 8 KPIs from an internal business process perspective, and 3 KPIs from a learning and growth perspective. The results of the company performance measurement show that the current performance indicator in 2018 is 7,4143 which is in the yellow category means it still has not reached the target for some performance indicators that need to be improved. The recommendations given are the company needs to improve the marketing culture for employees, the provision of SOPs related to handling visitor complaints, installation the suggestion boxes, doing market research, set up the self-development seminars such as training and education for employees, and increasing the employee salaries to the level of the Blitar District’s regional minimum pay. Suggestions given are that the company is expected to be able to maintain and improve performance indicators (KPI), increase targets, and for further research, it is expected to be able to assess the effectiveness of the recommendations given.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/202/051904682 |
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, OMAX, Perfomance Measurement, Traffic Light System. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 02:57 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 02:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170946 |
Actions (login required)
View Item |