Analisis Preferensi Wisatawan terhadap Minat dan Keputusan Berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Yusmaniar, Ellyanti (2019) Analisis Preferensi Wisatawan terhadap Minat dan Keputusan Berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wisata Bahari Lamongan merupakan salah satu obyek wisata yang ramai didatangi pengunjung setiap tahunnya. Dalam upaya untuk meningkatkan tingkat kunjungan, Wisata Bahari Lamongan melakukan serangkaian promosi melalui berbagai cara. Salah satunya melalui media pemasaran online. Kegiatan promosi melalui media sosial tersebut diharapkan dapat menciptakan preferensi wisatawan. Preferensi wisatawan akan muncul dari keinginan dan kebutuhan wisatawan yang melakukan perjalanan wisata. Wisatawan dapat meningkatkan keinginan mereka untuk berkunjung ke suatu objek wisata dengan adanya rangsangan melalui promosi media sosial. Promosi media sosial ini dapat menarik minat wisatawan dan berpengaruh dalam pengambilan keputusan berkunjung ke suatu objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh langsung media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan Wisata Bahari Lamongan, (2) pengaruh langsung media sosial serta minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung wisatawan Wisata Bahari Lamongan dan (3) pengaruh secara tidak langsung media sosial terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, kuisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus linier time function yang diperoleh sebanyak 60 responden. Hasil kuisioner tersebut ditabulasi kemudian dirubah dari data ordinal menjadi data interval. Selanjutnya data interval diuji dengan menggunakan program statistik. Hasil pengujian tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel media sosial memiliki pengaruh secara langsung terhadap minat berkunjung wisatawan, media sosial tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan berkunjung, minat berkunjung berpengaruh secara langsung terhadap keputusan berkunjung dan pengaruh media sosial terhadap keputusan berkunjung dimediasi oleh minat berkunjung.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/368/051903988
Uncontrolled Keywords: Preferensi Wisatawan, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung, Pariwisata
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:15
Last Modified: 27 Oct 2021 06:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170617
[thumbnail of Ellyanti Yusmaniar (2).pdf]
Preview
Text
Ellyanti Yusmaniar (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item