Soebagio, Yovita Caroline (2019) Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengunjung Wisata Taman Ria Suropati Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung, serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan pengunjung sebagai variabel mediasi antara experiential marketing dan loyalitas pengunjung pada Wisata Taman Ria Suropati. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabelvariabelnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden, 80 responden tersebut ialah individu yang berusia diatas 17 tahun dan pernah mengunjungi Wisata Taman Ria Suropati dengan teknik sampel menggunakan non-probability sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan melihat nilai probabilitas dan t-statistik. Analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS) dan dibantu dengan software SmartPLS 3.0 untuk memudahkan penelitian. Dari hasil pengujian terhadap yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel experiential marketing yang terdiri dari dimensi feel (perasaan), sense (indera), think (pikiran), act (tindakan) dan relate (hubungan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung, serta adanya pengaruh yang signifikan pada kepuasan pengunjung sebagai variabel mediasi antara experiential marketing dan loyalitas pengunjung.
English Abstract
This research aims to know the effect of experiential marketing on visitor loyalty and satisfaction and to know how the mediating role of visitor satisfaction on the relationship between experiential marketing and visitor loyalty. This research is explanatory research that explains the causal relationships between variables through hypothesis testing. Eighty visitors of Taman Ria Suropati, participated in this study. Purpose sampling is employed by this study. This research using a sample of as many as 80 respondents, 80 respondents is individuals aged above 17 years and have visited Taman Ria Suropati at least once. Hypothesis testing is done by looking at the value of t-statistics and probability. The data was analyzed by using Partial Least Squares (PLS) and assisted with SmartPLS 3.0 software to facilitate research. From the results of testing that has been done towards it can be concluded that the experiential marketing variables consisting of dimensional feel (feelings), single (senses), think (mind), act (the Act) and relate (relationship) has a significant effect against visitor loyalty and satisfaction, as well as the existence of significant effects on visitor satisfaction as mediation variables between experiential marketing and visitor loyalty.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/EFB/2019/187/051903666 |
Uncontrolled Keywords: | experiential marketing, kepuasan pengunjung, loyalitas pengunjung, experiential marketing, visitor loyalty, visitor satisfaction |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 23:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 13:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170137 |
Preview |
Text
Yovita Caroline Soebagio.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |