Peran New Media dalam Konsep E-government (Studi Pada Sambat Online sebagai Platform Pengaduan Masyarakat Kota Malang)

Nalendrani, Aulia Permata (2018) Peran New Media dalam Konsep E-government (Studi Pada Sambat Online sebagai Platform Pengaduan Masyarakat Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sambat Online merupakan platform baru milik Pemerintah Kota Malang yang khusus dibuat untuk pengelolaan pengaduan masyarakat Kota Malang. Hal ini merupakan salah satu bentuk nyata E-Government berupa platform pengaduan berbasis website yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti peran Sambat Online sebagai platform pengaduan masyarakat Kota Malang. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan sejauh mana peran Sambat Online dalam upaya penanganan pengaduan masyarakat di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil pengamatan langsung pada Bidang Informasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dan hasil wawancara dengan pengguna Sambat Online baik pemerintah maupun masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga peran yang sudah dilakukan Sambat Online yakni (1) Memfasilitasi dan menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat, (2) Memberikan sistem pelaporan yang transparan dan terintegrasi, (3) Menjembatani partisipasi publik. Selain itu, sejak diterapkannya Sambat Online sebagai media pengaduan masyarakat adanya respon positif dari masyarakat terkait Sambat Online. Penelitian ini juga menunjukkan beralihnya proses pemerintahan ke era digital memberikan dampak yang positif.

English Abstract

specifically created for the management of complaints from the City of Malang. This is one of the real of E-Government in the form of a website-based complaint platform provided by the Department of Information and Communication of Malang City. This research is a qualitative research to examine the role of Sambat Online as a platform for public complaints Malang City. The focus of this study is to explain the extent of the role of Sambat Online in efforts to handle public complaints in Malang City. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. The data analyzed are the results of direct observation on the Public Information Sector, the Malang City Communication and Information Agency and the results of interviews with Sambat Online users both government and society. Based on the results of the study showed that there are three roles that have been done by Sambat Online namely (1) Facilitating and following up on public complaints reports, (2) Providing transparent and integrated reporting systems, (3) Bridging public participation. In addition, since the implementation of Sambat Online as a media for public complaints there has been some positive responses from the community regarding Sambat Online. This research also shows that the process of government transition to the digital era has provided positive changes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/159/051902531
Uncontrolled Keywords: Sambat Online, E-Government, Pengaduan Masyarakat. Sambat Online, E-Government, Public Complaints.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2020 16:11
Last Modified: 14 Jul 2020 16:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170055
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item