Hartono, Rizal Setyo (2019) Sikap Terhadap Mobile Advertising dan Brand (Studi Deskriptif pada LINEat Sepatu Bersih). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang sikap konsumen yang terbagi kedalam 2 jenis sikap yang menjadi fokus penelitian ini yakni afektif dan kognitif. Kemudian sikap tersebut akan dilihat dari segi mobile advertising yakni salah satu tipe dari komunikasi mobile marketing. mobile advertising yang terbagi dua tipe, yaitu push type advertising dan pull type advertising. Penelitian ini fokus pada pull type advertising yaitu tipe iklan yang bisa mempengaruhi pengguna untuk menjadi tertarik pada iklan dan direktori iklan tersebut termasuk dalam bahasan penelitian yakni LINEat yang aplikasi baru yang memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah akun bagi bisnis yang di milikinya. Rumusan masalah bagaimana sikap terhadap mobile advertising LINEat sepatu bersih dan bagaimana sikap terhadap brand Sepatu Bersih. Sedangkan tujuan penelitian ini ialah menggmbarkan sikap terhadap mobile advertising dan sikap terhadap brand pada LINEat sepatu bersih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Konsep yang digunakan ialah sikap konsumen yakni kognitif berisi kepercayaan seseorang mengenai apa yang berlaku atau apa yang benar bagi objek sikap, sekali kepercayaan itu telah terbentuk maka ia akan menjadi dasar seseorang mengenai apa yang dapat diharapkan dari objek tertentu dan afektif menyangkut masalah emosional subjektif seseorang terhadap suatu objek sikap, secara umum komponen ini disamakan dengan perasaan yang dimiliki objek tertentu. Kedua sikap tersebut selain dilihat pada mobile advertising juga dilihat dari brand sepatu bersih Hasil dari penelitian ini bahwa sikap kognitif yang muncul dari setiap konsumen yang melihat iklan melalui fitur broadcast dan juga timeline ternyata membuat konsumen semakin berharap pada Sepatu Bersih dari hasil kuesioner secara keseluruhan konsumen sangat tertarik dari setiap penawaran yang dilakukan. Tentunya hal ini membuat konsumen akan terbujuk dengan setiap penawaran yang ditawarkan Sepatu Bersih. Sedangakan sikap afektif dapat dilihat dari setiap iklan yang disampaikan, sikap konsumen afektif inilah membentuk bonding atau ikatan yang kuat dari pihak konsumen dan juga pihak Sepatu Bersih. Bisa dikatakan bahwa memperbaiki kualitas sangat dibutuhkan dalam upaya yang dilakukan oleh Sepatu Bersih hingga konsumen bisa memiliki rasa percaya yang tinggi terhadap Sepatu Bersih. Sehingga dapat kita ketahui bahwa keberadaan pull type advertising cenderung lebih positif karena pada dasarnya setiap informasi yang didapat karena keinginan konsumen sendiri.
English Abstract
This research conduct a study about consumer behaviors which divided into two types which are affective and cognitive. These two types of behavior will be analyzed from mobile advertising which is the part of mobile marketing communication. Mobile advertising consists of push type advertising and pull type advertising. This research focuses on pull type advertising, a type of advertising which influences the consumers to be attracted to the ads and ads directory, these function of pull advertising explained in this research included in the discussion of LINEat, a new application service that allows the user to create their own business account. The problems of the study are how the consumers behave towards the mobile advertising of Sepatu Bersih in LINEat and how the consumers behave towards the brand of Sepatu Bersih. The Objects of the study are to explain about the consumers behavior towards the mobile advertising of Sepatu Bersih in LINEat and the consumers behavior towards the brand of Sepatu Bersih. This research used descriptive quantitative methods as the tools to conduct the research. The concept which being used is the cognitive consumer behavior, a theory which claims that the consumer believe on what is valid and what is right to the behavior objects, once the trust is built it will be the basis of what will the consumers expect from the objects and became affective to the consumer subjective emotional to some behavior objects. Generally speaking, those two components are equated with the feeling of some objects. Those to behavior are able to be found at mobile advertising and brand of Sepatu Bersih. The result of this study found that the cognitive behavior appeared from the consumers who seen the ads from broadcast feature and nonetheless the timeline affect the consumers to expect more from Sepatu Bersih, the result from the questionnaire stated that the consumers are attracted to every offer provided by Sepatu Bersih. By all means this founding find that the consumers are persuaded by the offer. The affective behavior can be seen from the ads, the consumers affective behavior create a strong bonds between Sepatu Bersih and the consumers themselves. It is clear that, upgrading the quality are very important for Sepatu Bersih in order to gain the trust from the consumers. At the end, it is clear that we can say the pull type advertising inclined to be more positive because the information that has been given is from the consumer itself.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/352/051903025 |
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Mobile Advertising, Brand Attitude, Mobile Advertising, Brand |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 01:41 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 01:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |