Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di Toko Pakan Ikan Sumber Indah Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

Thohari, Afrina Rizky (2019) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di Toko Pakan Ikan Sumber Indah Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Toko pakan ikan Sumber Indah merupakan toko yang menyediakan pakan dan berbagai kebutuhan bagi pembudidaya ikan. Untuk kesuksesan suatu usaha yang semakin kompetitif dalam menghadapi pasar, maka dalam dunia usaha diharapkan bisa lebih inovatif dalam menciptakan ide – ide, profesional, bisa membaca peluang yang ada dan juga tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Dalam memasarkan produknya, toko pakan ikan Sumber Indah perlu mengenal bauran pemasaran. Bauran pemasaran terdiri atas tujuh hal yaitu jasa seperti apa yang ditawarkan (product), bagaimana strategi penentuan harga (price), bagaimana promosi yang dilakukan (promotion), bagaimana sistem penyampaian jasa yang akan diterapkan (place), jenis kuantitas dan kualitas orang yang akan terlibat dalam pemberian jasa (people), bagaimana proses dalam operasi jasa tersebut (process), tingkat jasa yang bagaimana yang akan diberikan kepada konsumen (physical evidence). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) karakteristik konsumen toko pakan ikan Sumber Indah, (2) pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen di toko pakan ikan Sumber Indah, (3) pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen di toko pakan ikan Sumber Indah, (4) pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen di toko pakan ikan Sumber Indah, serta (5) peran mediasi kepuasan konsumen terhadap kepuasan konsumen di toko pakan ikan Sumber Indah. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di toko pakan ikan Sumber Indah dengan usia minimal 17 tahun. Untuk pengambilan sampel peneliti menggunakan sampling insidental. Untuk menentukan jumlah sampel yang diambil dengan menggunakan rumus linear time function sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada pihak terkait dan menyebar kuesioner pada responden. Data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari literatur dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan karakteristik responden konsumen toko pakan ikan Sumber Indah. Sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis pengaruh bauran pemasaran melalui kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen di toko pakan ikan Sumber Indah menggunakan uji SEM-PLS dengan bantuan aplikasi smartPLS dan excel. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) yaitu variabel X5 (Orang) dengan nilai t-statistik sebesar 3,456, dan p-value sebesar 0.001. Variabel bauran pemasaran yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y2) yaitu X1 dengan nilai t-statistik sebesar 2,328, dan p-value sebesar 0.020, X2 dengan nilai t-statistik sebesar 2,030, dan p-value sebesar 0.043, X5 dengan nilai tstatistik sebesar 2,509, dan p-value sebesar 0.012 dan X6 dengan nilai t-statistik sebesar 1,974, dan p-value sebesar 0.049. Berdasarkan hasil tersebut sebaiknya toko pakan ikan Sumber Indah diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan bauran pemasaran yang sudah berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas. Namun bauran pemasaran yang belum berpengaruh juga perlu mendapatkan perhatian lebih dalam arti membenahi pengelolaan toko agar bisa memuaskan konsumen dan menjadikan konsumen loyal terhadap toko pakan ikan Sumber Indah. Bagi pemerintah sebaiknya melakukan pengendalian dan mengurangi impor pakan maupun bahanvii baku pakan ikan, karena pakan dan atau bahan baku bisa menjadi media pembawa penyakit terutama bahan baku dari hewan. Disamping itu impor bisa berdampak pada naiknya harga pakan yang sering dikeluhkan konsumen. Bagi mahasiswa peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian di toko pakan ikan Sumber Indah dengan menggunakan bauran pemasaran 9P yaitu menambahkan packaging dan payment.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/272/051903323
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Jul 2020 07:16
Last Modified: 25 Oct 2021 08:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169833
[thumbnail of AFRINA RIZKY THOHARI (2).pdf]
Preview
Text
AFRINA RIZKY THOHARI (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item