Pengaruh Kinerja Birokrasi Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang Tahun 2017

Putra, Aditya Dharma (2019) Pengaruh Kinerja Birokrasi Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang Tahun 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kinerja birokrasi terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang (DPMPTSP Kota Malang). Pada penelitian iniakan diuji apakah kinerja birokrasi (X) berpengaruh secara signifikan atau tidak terhadap tingkat kepuasan masyarakat (Y). Kinerja Birokrasi (X) diturunkan menjadi lima variabel yakni pruduktivitas (X1), kualitas pelayanan (X2), responsivitas (X3), responsibilitas (X4) dan akuntabilitas (X5). Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan syarat telah menggunakan jasa pelayanan di DPMPTSP Kota Malang antara bulan Januari sampai dengan bulan Desember pada tahun 2017.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda karena variabel yang akan diujikan lebih dari satu variabel. Hasil uji R pada penelitian ini menunjukan bahwa persentase pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 60,1%.Hasil penelitian ini adalah variabel kinerja birokrasi (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel tingkat kepuasan masyarakat (Y) dengan variabel responsibilitas (X4) sebagai variabel yang paling dominan, kemudian dilanjutkan oleh variabel kepuasan masyarakat (X2), variabel responsivitas (X3), variabel akuntabilitas (X5), dan yang terakhir variabel produktivitas (X1). Sehingga dapat dikatakan pelayanan secara terpadu, ketersedian media informasi dan kesesuaian antara waktu pelayanan dengan apa yang dicantumkan oleh DPMPTSP Kota Malang yang merupakan aspek yang diukur dalam variabel responsibilitas (X4) menjadi faktor yang paling berpengaruh secara dominan. Kesimpulan dari skripsi ini yaitu kinerja birokrasi berpengaruh secara signifikan secara simultan maupun parsial terhadap tingkat kepuasan masyarakat

English Abstract

This research is intended to find the effect of bureaucracy‟s performance against level of civilians‟ satisfaction in Investment, and One Stop Integrated Commission of Malang City 2017. In this research will be tested whether the bureaucracy (X) singnificantly or not has an effect on the level of civilians‟ satisfaction (Y).performance of bureaucracy is downgraded into 5 variables which are productivity (X1), quality service (X2), responsiveness (X3), responsibility (X4), and accountability (X5). The method used is the quantitative method there are 100 people who have participated in this research with a condition of having experienced the service given by DPMPTSP Malang City between January to December 2017. The analysis technique used in this research is multiple regression because the variable that will be tested is more than one variable. The results of the R test in this research indicate that the precentace effect on variable X toward Variable Y is 60,1%. the result of this research has significant effects on bureaucracy‟s performance towards level of people‟s satisfaction level with (X4) being the most dominant variable, then continued by people satisfaction (X2), responsiveness (X3). Accountability (X5) and finally the productivity (X1). Which means that the good service, the availability of media information and the compatibility between period service which is the aspect measured in the responsibility variable (X4) are the factors that are the most significant. the conclusion of this thesis is that bureaucracy‟s performance has a significant and partial effect on level of civilian‟s satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/227/051902599
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, kinerja birokrasi, kepuasan masyarakat public service, bureaucracy‟s performance, people‟s satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:54
Last Modified: 26 Jun 2024 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169784
[thumbnail of Aditya Dharma Putra.pdf] Text
Aditya Dharma Putra.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item