Pendekatan Technology Acceptance Model untuk Mendeteksi Penerimaan Instagram dan Whatsapp sebagai Teknologi Pemasaran Online yang Menentukan Minat, Keputusan dan Kepuasan Konsumen Olahan Perikanan UKM Yamois Kota Malang

Rahman, Arindah Lia (2019) Pendekatan Technology Acceptance Model untuk Mendeteksi Penerimaan Instagram dan Whatsapp sebagai Teknologi Pemasaran Online yang Menentukan Minat, Keputusan dan Kepuasan Konsumen Olahan Perikanan UKM Yamois Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini terns mengalatni kemajuan yang pesat tidak terkecuali perkembangan teknologi pada bidang pemasaran. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan Jaya tank konsumen tentunya strategi pemasaran yang balk dan mengikuti arcs globalisasi a jtau perkembangan zaman. Dalam anus globalisasi, jenisenis pemasaran sudah b eragam. Salah satu yang paling sering diperbincangkan adalah pemasaran secara online balk melalui website tertentu atau melalui aplikasi tertentu. Pemasaran secara online sangat cepat diterima oleh semua kalangan masyarakat karena membuat semua hal menjadi lebih mudah dan murah, tidak terkecuali dalam dunia perikanan. Technology Acceptance Model (TAM) merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis penerimaan konsumen olahan produk perikanan terhadap teknologi pemasaran online melalui sosial media Instagram dan WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan atau Perceived Ease Of Use (PEOU), persepsi kemanfaatan atau Perceived Usefulness (PU), persepsi resiko atau Perceived Risk (PR) dan kepercayaan konsumen atau Trust (TR) yang menentukan minat bell atau Purchase Intention (P1), keputusan pembelian atau Buying Decision (BD) dan kepuasan konsumen atau Consumer Satisfaction (CS) UKM Yamois dalam melakukan pembelian secara online melalui sosial media Instagram dan WhatsApp. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 140 responden yang digunakan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan explanatory research yaitu untuk menguji hipotesis antara variable yang dihipotesiskan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan perangkat lunak pengolah data WarpPLS 6.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PEOU berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap PI dan BD dengan nilai koefisien sebesar 0,118 sebesar 0,077, berpengaruh secara positif dan signifikan secara langsung terhadap BD dengan nilai koefisien sebesar 0,123 dan p‐value sebesar 0,068 dan secara tidak langsung melalui P1 dengan nilai koefisien sebesar 0,177 dan nilai p‐value sebesar 0,015, serta berpengaruh secara positif dan signifikan secara langsung terhadap CS dengan nilai koefisien sebesar 0,195 dan p‐value sebesar 0,009 dan secara tidak langsung melalui P1 dan BD dengan nilai koefisien sebesar 0,239 dan p‐value sebesar 0,002. PU berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap P1 dengan nilai koefisien sebesar 0,153 dan p‐value sebesar 0,031, berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan secara langsung terhadap BD dengan nilai koefisien sebesar ‐0,001 dan p‐value sebesar 0,479, berpengaruh secara positif dan tidak signifikan secara tidak langsung melalui P1 terhadap BD dengan nilai koefisien sebesar 0,070 dan p‐value sebesar 0,200, berpengaruh secara positif dan tidak signifikan secara langsung terhadap CS dengan nilai koefisien sebesar 0,014 dan p‐value sebasar 0,435 dan secara tidak langsung melalui PI dan BD terhadap CS dengan nilai koefisien sebesar 0,059 dan p‐value sebesar 07241 koefisien sebesar ‐0,270 dan p‐value sebesar <070017 berpengaruh secara sebesar ‐07159 dan p‐value sebesar 0,027, berpengaruh secara positif dan tidak negatif dan signifikan secara langsung terhadap BD dengan nilai koefisien signifikan secara tidak langsung melalui P1 terhadap buying decision BD dengan PR berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap PI dengan nilai h signifikan d nilai koefisien sebesar ‐07283 dan p‐value sebesar <070017 berpen0 ‐4; secara negatif dan signifikan secara langsung terhadap CS dengan nilai koefisien sebesar ‐0,114 dan p‐value sebesar 0,085 dan secara tidak langsung melalui PI dan BD terhadap CS dengan nilai koefisien sebesar ‐0,205 dan p‐value sebesar 07006. TR berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Pi dengan nilai koefisien sebesar 0,229 dan p‐value sebesar 0,002, berpengaruh secara positif dan signifikan secara langsung terhadap BD dengan nilai koefisien sebesar 0,189 dan p‐value sebesar x,010, berpengaruh secara positif dan signifikan secara tidak langsung melalui Pi terhadap BD dengan nilai koefisien sebesar 0,295 dan p‐value sebesar <07001, berpengaruh secara positif dan signifikan secara langsung terhadap CS dengan nilai koefisien sebesar 0,350 dan p‐value sebesar <0,001 dan secara tidak langsung melalui PI dan BD terhadap CS dengan nilai koefisien sebesar 0,431 dan p‐value sebesar <07001. TR secara langsung memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap PR dengan nilai koefisien yang diperoleh yaitu sebesar ‐0,568 dengan nilai p‐value sebesar <0,001.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/33/051903072
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Jul 2020 08:08
Last Modified: 23 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169749
[thumbnail of Arindah Lia Rahman(File Rusak).pdf]
Preview
Text
Arindah Lia Rahman(File Rusak).pdf

Download (268kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item