Studi Elaboration Likelihood Model Pengaruh Beauty Vlogger sebagai Social Media Influencer terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Di Kalangan Siswi SMA Kota Malang (Studi Kuantitatif pada Akun Youtube Nanda Arsyinta)

Diana, Arisma Luli (2019) Studi Elaboration Likelihood Model Pengaruh Beauty Vlogger sebagai Social Media Influencer terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Di Kalangan Siswi SMA Kota Malang (Studi Kuantitatif pada Akun Youtube Nanda Arsyinta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beauty vlogger disebut sebagai social media influencer disebabkan mereka dikenal sebagai pihak ketiga yang membentuk opini, sikap dan tindakan konsumen melalui rekomendasi dalam bentuk konten video. Penelitian ini berfokus pada beauty vlogger yang memberikan ulasan mengenai produk kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beauty vlogger sebagai social media influencer terhadap minat beli pada produk kecantikan di kalangan siswi SMA kota Malang. Kajian teori Elaboration Likelihood Model yang akan digunakan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini kedua rute Elaboration Likelihood Model digunakan untuk menganalisis beauty vlogger. Penelitian ini terdapat tiga variabel yang dibagi ke dalam rute sentral dan rute periferal. Variabel independen pada rute sentral yaitu argument quality ( ), sedangkan variabel pada rute periferal terdiri dari source credibility ( ) dan argument quantity ( ). Variabel dependen adalah minat beli (Y). Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu siswi SMA/SMU/SMK/Sederajat di Kota Malang dengan total sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikoliniearitas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa ketiga variabel memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli produk kecantikan baik melalui rute sentral maupun rute periferal. Variabel yang paling dominan dan berpengaruh pada minat beli produk kecantikan di kalangan siswi SMA Kota Malang adalah argument quality ( ). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa beauty vlogger sebagai social media influencer dapat meningkatkan minat beli pada produk kecantikan.

English Abstract

Beauty vlogger is referred to as social media influencer because they are known as a third party that shape consumer opinions, attitudes and actions through recommendations in the form of video content. This research focuses on beauty vlogger who gives reviews of beauty products. This research aimed to find the effect of beauty vlogger as a social media influencer towards purchase intention of beauty products among female high school students in Malang. The Elaboration Likelihood Model theory is used in this research. In this research, both routes of Elaboration Likelihood Model are used to analyze beauty vlogger. This research has three variables which are divided into central routes and peripheral routes. The independent variable on the central route is argument quality ( ), while the variable on the peripheral route includes source credibility ( ) and argument quantity ( ). The dependent variable is purchase intention (Y). This research method is quantitative explanatory with the use of questionnaire as data collection techniques. The population of this research is the female student of high school in Malang with a total sample of 100 respondents. The data sample is taken by purposive sampling technique. The data analysis techniques of this research is done by multiple linear regression analysis with classical assumption test, normality test, multicollinearity test, and heterocedasticity test. The result of this research based on data analysis showed that those three variables has a significant positive effect toward purchase intention of beauty products through both central routes and peripheral routes. The most dominant and influential variable towards purchase intention of beauty products among high school students in Malang is argument quality ( ). So, it can be explained that beauty vlogger as a social media influencer can increase the purchase intention of beauty products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/290/051902662
Uncontrolled Keywords: Elaboration Likelihood Model, Beauty Vlogger, Minat Beli. Elaboration Likelihood Model, Beauty Vlogger, Purchase Intention.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jul 2020 00:48
Last Modified: 08 Jun 2022 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169579
[thumbnail of Arisma Luli Diana (2).pdf] Text
Arisma Luli Diana (2).pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item