Pengaruh Konten Video Unboxing Terhadap Perubahan Sikap Pada Generasi C (Studi Pada Subscribers Channel Youtube milik Frans Sanjaya)

Ramadhan, M. Rizki (2018) Pengaruh Konten Video Unboxing Terhadap Perubahan Sikap Pada Generasi C (Studi Pada Subscribers Channel Youtube milik Frans Sanjaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Unboxing video” merupakan sebuah konten pemasaran pada media baru yang populer di YouTube didasari oleh kebutuhan dan permintaan konsumen terhadap ulasan-ulasan produk yang diproduksi secara independenperkembangan YouTube sebagai media sosial bersamaan dengan perkembangan internet sebagai media baru dan perkembangan pada penggunanya yang disebut sebagai Digital Native yaitu mereka yang selalu dikelilingi teknologi digital seperti komputer, internet, smartphone dan teknologi digital lainya. Mereka merepresentasikan diri mereka dalam kelompok konsumen yang terhubung yaitu Generasi C. merupakan kekuatan baru yang kuat dalam budaya dan perdagangan, diberdayakan oleh teknologi untuk mencari konten otentik yang mereka konsumsi pada semua platform new media yang mereka dapat gunakan, kapanpun dandimanapun mereka inginkan. Pada penelitian ini menggunakan intensitas, kualitas visual & audio dan kualitas pesan untuk menjelaskan „‟Unboxing Video‟‟ teori S-O-R yang menyatakan mengenai adanya perubahan sikap seseorang dikarenakan adanya pengaruh dari stimulus yang diberikan, serta perubahan sikap yang dirumuskan berdasarkan model hierarchy of effects.Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan generasi C yang menjadi subscribers pada channel YouTube Frans Sanjaya. Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor intensitas, kualitas visual & audio dan kualitas pesan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan sikap generasi C. pengujian menggunakan uji t menunjukan bahwa tiga variabel yang diteliti terbukti secara signifikan memengaruhi variabel dependen sikap generasi C.

English Abstract

"Unboxing video" is a marketing content on new media that is popular on YouTube. "Unboxing video"based on consumer needs and requests for reviews of products produced independently. YouTube as social media coincides with the development of the internet as new media and developments from its users, which referred as Digital Native, namely those who are always surrounded by digital technology such as computers, the internet, smartphones and other digital technologies. They represent themselves in connected consumer groups namely Generation C. which is a powerful new force in culture and commerce, technology is empowered to search for authentic content that they consume on all the new media platforms that they can use, whenever and wherever they want In this study use intensity, visual & audio quality and message quality to explain „'Unboxing Video'‟ the theory of S-O-R which states that there is a change in attitudes of a person due to the influence of the stimulus given, as well as changes in attitude formulated based on the hierarchy of effects model. This research is included in quantitative research with survey methods and the analytical techniques used are descriptive analysis and multiple linear regression analysis techniques. This study uses a sample of 100 respondents, which is generation C, which is the subscribers to Frans Sanjaya's YouTube channel. The results of the analysis found that the three factors; intensitu, visual & audio quality and message quality had a positive and significant effect on changes in generation C attitudes. The test using the t test showed that the three variables studied proved to significantly influence the generation C attitude dependent variable

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/232/051902604
Uncontrolled Keywords: Unboxing Video”, Intensitas, Kualitas Visual & Audio, Kualitas Pesan, Generasi C, Sikap, Teori S-O-R, Model Hierarchy of Effect Unboxing Video”, Intensity, Visual & Audio Quality, Message Quality, Generation C, Attitude, S-O-R Theory, Hierarchy of Effect Model
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Sep 2020 10:23
Last Modified: 06 Sep 2020 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169442
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item