Perbandingan Efisiensi Penduga Dengan Pendekatan Resampling Bootstrap Dan Blindfold Pada Analisis Jalur (Studi pada Kualitas Produk Teh Casabat terhadap Kepuasan Pelanggan dan terhadap Loyalitas Pelanggan)

Rinela, Yuniar Yesa (2018) Perbandingan Efisiensi Penduga Dengan Pendekatan Resampling Bootstrap Dan Blindfold Pada Analisis Jalur (Studi pada Kualitas Produk Teh Casabat terhadap Kepuasan Pelanggan dan terhadap Loyalitas Pelanggan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Membangun pertumbuhan laba secara konstan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun loyalitas pelanggan, loyalitas itu akan terbentuk dari kepuasan pelanggan. Teh Casabat merupakan salah satu produk inovasi teh yang dibuat dari secang dan kulit salak yang memerlukan suatu strategi pemasaran untuk membuat pelanggan merasa puas dan membangun rasa loyal. Pada penelitian ini faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah kualitas produk Teh Casabat. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Malang dengan responden mahasiswa aktif jurusan Statistika Universitas Brawijaya sebanyak 100 mahasiswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil pengujian asumsi normalitas galat pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan memiliki galat yang tidak berdistribusi normal, oleh karena itu pada penelitian ini pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan bootstrap dan blindfold. Berdasarkan perhitungan efisiensi relatif, metode blindfold menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan bootstrap yang dibuktikan dengan nilai varian yang lebih kecil. Keragaman data yang dapat dijelaskan model dalam penelitian ini ialah sebesar 62,3% sedangkan sisanya sebesar 37,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model.

English Abstract

Building constant growth of profit is one effective way to build customer loyalty. Customer loyalty is based on customer satisfaction. The Casabat is one of innovation tea product made from Secang and Salak (thorny palm) which need to build marketing strategy to make customer satisfaction and build customer loyalty. In this study, quality product of Teh Casabat is a factor that influence customer satisfaction and customer loyalty. This research was conducted in Brawijaya University, Malang with 100 respondents who is statistics students of Brawijaya University. The analysis is used in this research is path analysis. The results of assumption normality test in this study indicates the residual of customer satisfaction is not normally distributed, therefore the hypothesis test is done by bootstrap and blindfold approach. Based on efficiency relative calculation, blindfold method showed better result than bootstrap as evidenced by smaller variance value. The diversity of data that can be explained by the model in this study is 62.3% while the remaining 37.7% is explained by other variables that did not include in the model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/470/051900399
Uncontrolled Keywords: Analisis jalur, bootstrap, blindfold, kualitas produk Teh Casabat, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan Path analysis, bootstrap, blindfold, quality product of Teh Casabat, customer satisfaction, customer loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jun 2020 03:26
Last Modified: 18 Oct 2021 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168813
[thumbnail of Yuniar Yesa Rinela (2).pdf]
Preview
Text
Yuniar Yesa Rinela (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item