Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada mahasiswa/mahasiswi Universitas Brawijaya yang menggunakan sepatu sneakers merek Converse)

Alsabiyah, Tiwik (2018) Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada mahasiswa/mahasiswi Universitas Brawijaya yang menggunakan sepatu sneakers merek Converse). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya hidup yang terdiri dari 3 dimensi yaitu aktivitas, minat, dan opini terhadap keputusan pembelian oleh mahasiswa/mahasiswi Universitas Brawijaya yang menggunakan sepatu sneakers merek Converse. Hipotesis dalam penelitian ini adalah variabel dari gaya hidup yaitu aktivitas (X1), minat (X2), dan opini (X3) berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Selain itu untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Jumlah sampel sejumlah 118 orang mahasiswa/mahasiswi yang ada di Universitas Brawijaya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F sebagai pengujian hipotesis. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel aktivitas (X1), minat (X2). Dan Opini (X3) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikasi F (0,000) < α (0,05). Besarnya kontribusi seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,210 atau 21 %, sedangkan sisanya sebesar 79 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial aktivitas (X1) dan minat (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan masing-masing nilai signifikasi t sebesar 0,000 dan 0,001. Sedangkan opini (X3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikasi t sebesar 0,682. Aktivitas (X1) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,526. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya hidup yang terdiri aktivitas, minat, dan opini secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup yang terdiri dari aktivitas dan minat secara parsial berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian. Aktivitas merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

Background in this study aims to see lifestyle effects consisting of 3 dimensions that is activities, interests, and opinions on purchase decision by students of Universitas Brawijaya who use sneakers brand by Converse. Hypothesis in this research is the variable of lifestyle that is activities (X1), interests (X2), and opinions (X3) have together and partially influence purchase decision (Y) significantly. In addition to know which have a dominan influence toward buying decision. The research method is explanatory research. The number of samples is 118 students of Universitas Brawijaya with accidental sampling is the technique which is used to detemine the number of sample. Test instruments in this study using the validity and reliability test. Data analysis technique which is used is descriptive analysis and multiple linier regression analysis with t test and F test as hypothesis testing. The result of research by using multiple linear regression analysis showed that variable of activities (X1), interests (X2). And Opinions (X3) have a significant effect on purchasing decision (Y) with significance value F (0,000) < α (0,05). Result of t test show that partially activities (X1) and interests (X2) have positive and significant effect to buying decision (Y) with each significance value of 0.000 and 0,001. While Opinions (X3) have a negative and not significant to buying decision (Y) with significance value t equal to 0,682. Activity (X1) is a variable that has dominant influence to purchase decision (Y) with beta coefficient value equal to 0,526. The conclusion of this study is a lifestyle that consists of activities, interests, and opinions together have a significantly influence toward purchase decisions. Lifestyle consisting of activities and interests partially significantly influence on purchasing decisions. Activities is the dominant variable to the purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1240/051902084
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Aktivitas, Minat, Opini, Keputusan Pembelian, dan Converse-Lifestyle, Activities, Interests, Opinion, Purchase Decision, and Converse
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 May 2020 09:33
Last Modified: 15 Mar 2023 08:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168348
[thumbnail of Tiwik Alsabiyah.pdf] Text
Tiwik Alsabiyah.pdf

Download (42MB)

Actions (login required)

View Item View Item