Analisis Kepuasan Konsumen Ayam Panggang Kampung di Sentra Ayam Panggang Gandu “Bu Setu” Kabupaten Magetan Jawa Timur

Prastika, Ayunda Dewi (2018) Analisis Kepuasan Konsumen Ayam Panggang Kampung di Sentra Ayam Panggang Gandu “Bu Setu” Kabupaten Magetan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Gandu terletak di Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan Jawa Timur. Sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai wirausaha, yaitu usaha ayam panggang. Salah satu tempat yang sudah terkenal sejak puluhan tahun adalah sentra ayam panggang kampung milik “Bu Setu”, sebagai rumah makan yang bersaing dengan rumah makan yang lain maka dilakukan penelitian terkait strategi kualitas pelayanan seperti tangible, reliabillity, responsivines, assurance, emphaty dan faktor marketing mix seperti product, place, promotion, dan price. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Februari– 12 Maret 2018 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik konsumen, strategi kualitas pelayanan dan faktor marketing mix. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dengan diketahuinya karakteristik konsumen, mengetahui strategi kualitas pelayanan dan faktor marketing mix dapat menjadi masukan bagi rumah makan ayam panggang kampung milik Bu Setu untuk memperluas promosi dan sebagai rekomendasi untuk para kuliner serta mampu bersaing di pasar industri rumah makan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus (case study) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuisioner dan wawancara. Pemilihan responden dilakukan secara kebetulan (Accidental Sampling) dengan kriteria usia diatas 17 tahun dengan kunjungan minimal 2 kali, pada sebuah keluarga yang dijadikan responden adalah kepala keluarga, dan pada sebuah rombongan yang dijadikan reponden adalah dengan menawarkan siapa yang bersedia dijadikan responden, dengan menggunakan 100 responden dalam penelitian. Data hasil penelitian dilakukan analisis dengan analisis faktor dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis faktor dengan menggunakan Kaiser Meyer Olkin (KMO) yaitu indeks yang digunakan untuk menguji ketepatan analisis faktor, dari semua variabel strategi kualitas pelayanan (tangible, reliabillity, responsivines, assurance, emphaty) dan faktor maketing mix (product, place, promotion, dan price) dhasil menunjukkan semua variabel memiliki nilai yang sesuai pada ketetapan KMO dan smua variabel sudah dinyatakan signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa data dapat di proses lebih lanjut dan hasil analisis faktor akan bermanfaat. Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel bebas bukti langsung, kehandalan, daya tangkap, jaminan, perhatian, harga, produk, promosi dan tempat memiliki arah yang positif terhadap variabel terikat (kepuasan konsumen). nilai r square sebesar 0,754, nilai 75,4% kepusan konsumen dapat dijelaskan oleh oleh faktor bebas. Sedangkan sisanya 24,6% dijelaskan oleh faktor yang tidak dibahas dalam penelitian ini. . Hasil penelitian konsumen di rumah makan ayam panggang kampung “Bu Setu” adalah perempuan, usia ratarata konsumen 20-30 tahun, pendidikan SMA, pekerjaan pegawai pemerintahan, pendapatan Rp. 1.000.000- Rp.3.000.000/bulan dengan jumlah kunjungan per-tahun sebanyak 65% berasal dari Magetan. kepuasan pelanggan di restoran Bu Setu memiliki kategori yang sesuai dengan ratarata 3,85. Nilai konstanta pada variabel independen adalah positif yang berarti kepuasan konsumen selalu stabil. Variabel yang signifikan yaitu bukti langsung, harga, produk, promosi dan tempat dengan notasi H0 di tolak dan H1 diterima yang berarti pada variabel tersebut sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di rumah makan Bu Setu. Disarankan agar rumah makan melakukan perbaikan fasilitas fisik, memperluas promosi dengan menggunakan sosial media.

English Abstract

The research was conducted at the Magetan regency of restaurant Bu Setu located in karya usaha street, Gandu village.The reseach was conducted 12th february until 12th march 2018. The purpose of this research was to (i) determine characteristic of customer in buying indigenous chicken roasted in Bu Setu restaurant. (ii) knowing strategy service quality and factor markeing mix to consumer’s satisfaction. One hundred were selected by case study method.. Primary data were collected using questionnaire, interview from owner the restaurant. Secondary data were obtained from distributor’s archives and related sources. Data were analyzed using analysis multiple regression. The result of having customer satisfaction in Bu Setu restaurant has categories corresponding to an average of 3.85. The constanta value on the independent variable is positive which means the consumer's satisfaction always stable. Adjuted R square 0.754 which means independent variables studied 75.4% influence on consumer satisfaction. The research concluded characteristics of consumens female sex, age 20-30 years, education in general high school, worked in government officials, and the frequency of visits in the dominance of the magetan and surrounding areas. The suggested of this research was repair physical facilities and expand promotion by using social media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/357/051807524
Uncontrolled Keywords: Customer satisfaction, Indigeous chicken roasted, Marketing Mix, Service quality
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 May 2019 07:05
Last Modified: 13 Jul 2022 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168235
[thumbnail of Ayunda Dewi Prastika.pdf] Text
Ayunda Dewi Prastika.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item