Ferdiyanti, Pungki Dini (2018) Penerapan Analisis Path untuk Mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Studi Kasus di Bank BTN Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penilaian kinerja merupakan bagian dari kegiatan manajemen sumber daya manusia yang mengamati peningkatan dari diri pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya. Penilaian prestasi kerja adalah suatu proses yang digunakan pimpinan untuk menentukan apakah seorang pegawai melakukan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan SDM yang handal yaitu dengan cara meningkatkan kinerja pegawai. Pada penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai yaitu gaya kepemimpinan servant, budaya organisasi, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan servant, budaya organisasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Malang, serta mengetahui variabel yang paling mempengaruhi kinerja pegawai Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Malang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Penelitian ini dilaksanakan di Bank BTN Cabang Malang dengan responden sebanyak 44 orang yang diambil menggunakan metode proportional stratified random sampling. Berdasarkan penelitian ini, semua asumsi analisis jalur telah terpenuhi dengan keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model sebesar 85,6% sedangkan 14,4% sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh total paling besar terhadap kinerja pegawai sebesar 0,429 sedangkan variabel budaya organisasi memiliki pengaruh total paling besar terhadap kepuasan kerja sebesar 0,347. Oleh karena itu, jika Bank BTN Cabang Malang ingin meningkatkan kinerja pegawai maka Human Resources Development (HRD) perlu meningkatkan kepuasan kerja pegawai.
English Abstract
Work performance is part of human resource management activities that observe of the improvement of the employee's in carrying out their work. Work performance is a process that used by the leadership to determine whether an employee is doing their job in accordance with his or her duties and the responsibilities. In this case, several factors that affect employee performance are servant leadership, organizational culture, and job satisfactio. The analysis used in this research is path analysis. This research was conducted at Bank BTN Malang with 44 respondents taken using proportional stratified random sampling method. Based on this research, all assumptions of path analysis have been fulfilled with the diversity of data that can be explained by the model of 85.6% while the remaining 14.4% is explained by other variables. Based on the trimming method, the direct influence between organizational culture and servant leadership with employee performance is omitted because it is not significant. Job satisfaction variable has the greatest total affect on employee performance of 0.429 while the organizational culture variable has the greatest total effect on job satisfaction of 0.347. Therefore, if Bank BTN Malang want to improve employee performance then Human Resources Development (HRD) need to improve employee job satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2018/230/051806157 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis jalur, budaya organisasi, kinerja pegawai, kepemimpinan servant, kepuasan kerja, dan SDM. path analysis, organizational culture, employee performance, servant leadership, job satisfaction, and human resources. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 May 2020 13:13 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168133 |
Preview |
Text
Pungki Dini Ferdiyanti (2).pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |