Astari, Ni Putu Manik (2018) Efektivitas Konseling Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Kepatuhan Terhadap Pengobatan Pada Pasien Hipertensi Di Apotek Kota Malang (Studi Dilakukan Pada Akhir Bulan Ke-1). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu penyakit kronis yaitu hipertensi memerlukan konseling untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan pasien terhadap pengobatan hipertensi. Hal tersebut sesuai dengan pada Permenkes RI tentang standar pelayanan farmasi di apotek bahwa apoteker memiliki tugas dalam pengelolaan sediaan farmasi dan pelayanan farmasi klinis. Pasien dengan hipertensi adalah salah satu pasien yang memenuhi kriteria untuk layanan klinis, termasuk pemberian konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan konseling untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan terhadap pengobatan pasien hipertensi setelah bulan pertama di apotek kota Malang. Dalam penelitian ini, penelitian ini menggunkan metode penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian survei analitik dan desain one group pre test-post test. Subjek penelitian sebanyak 40 dipilih secara purposive sampling dari populasi pasien hipertensi yang datang untuk menebus resep atau mendapatkan obat hipertensi ke apotek di Kota Malang selama Februari-Mei 2018. Pengukuran tingkat pengetahuan dan kepatuhan menggunakan instrumen kuesioner pengetahuan dan kepatuhan yang telah dimodifikasi dari kuesioner standard yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi berupa konseling oleh apoteker terbukti dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam pengobatan secara bermakna (p=0,023) dan secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan pasien mengenai penyakit hipertensi dan pengobatannya (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan kepatuhan pasien hipertensi di Kota Malang.
English Abstract
Hypertension is a chronic disease requiring counseling services to increasing the level of Knowledge and Adherence to patient’s treatment. It is in accordance with the health regulation of Republic of Indonesia (Permenkes) on pharmacy service standards in pharmacies that pharmacists have duties in the management of pharmaceutical preparations and clinical pharmacy services. Patients with hypertension are among the patients who meet the criteria for clinical care, including counseling. The purpose of this study was to determine the effectiveness of counseling services to increasing the level of knowledge and adherence to the treatment of hypertensive patients at the end of the first month in Malang city pharmacies. In this research, this research uses quasi experimental research method with analytic survey research design and one group pre test-post test design. The number of subjects in this research were 40 people selected by purposive sampling from the hypertensive patient population who came to redeem the prescription or obtain hypertension medication to the pharmacy in Malang during February-May 2018. The level of knowledge and adherence level used modified knowledge and adherence questionnaires instrument from standard questionnaire has been tested for its validity and reliability. The result of interventions in the form of counseling by pharmacist have been proved to improve patient’s adherence level in medication (p = 0,023), and significantly involved in improving patient’s knowledge about hypertension as well as its medications (p = 0,000). The conclusion of this research is counseling have significant effect to increase knowledge and compliance of hypertension patient in Malang City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2018/280/051807984 |
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, kepatuhan, hipertensi, konseling-knowledge, adherence, hypertension, counseling |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.13 Diseases of blood vessels > 616.132 Hypertension |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 08 May 2020 07:01 |
Last Modified: | 08 May 2020 07:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167678 |
Actions (login required)
View Item |