Siregar, Dian Rahma Utari (2018) Hubungan Antara Empati Bidan Dan Bukti Fisik Dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Di Puskesmas Janti Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Primary health care as the first facility health is responsible to organize individual health efforts and public health efforts have some basic health care services to give the comprehensive heallth care services for all the people in their working area which includes several programs, one of them is the Maternal and Child Health Program (KIA). The implementation of quality health services is a service that oriented to the satisfaction of everyone use of health services. The quality of maternal and child health services (KIA) will be affect to satisfaction of patient which is a comparison between clients' perceptions of services health received. Midwife must provide services in accordance with the role of functions iand duties as well as in accordance with standards and professional ethics that have been approved or in accordance with the regulation of health minister number 28 of 2017 on the License and Implementation of Midwife Practice so it can produce quality maternal and child health services (KIA) in each patient to the average satisfaction level. Empathy is therapeutic relations that become an important element in the interpersonal process where empathy will assist in strengthening the relationship between midwives and clients. Besides the empathy of midwife, tangibles is the availability of physical facilities, equipment, and appearance of midwife who can be perceived directly by consumers.This study aims to analyze the relationship between empathy midwife and tangibles with satisfaction level of maternal and child care services by using questionnaires at Primary health care of Janti Malang. The research was descriptive using method cross sectional. Sampling using non probability technique by purposive sampling with the number of respondents research as much 86 respondents. The result of statistical analysis with Chi-Square of variable from empathy midwife was 0,002 and tangibles 0,000 it’s mean empathy midwife and tangibles there was significant relation p-value α <0,05. The conclusion of this research is a correlation between midwife empathy and physical evidence with level of satisfaction of mother and child health service at primary health care of Janti Malang
English Abstract
Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, menjalankan beberapa usaha pokok (basic health care services) untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh (comprehensive heallth care services) kepada seluruh masyarakat di wilayah kerjanya, yang meliputi beberapa program, salah satunya yaitu Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Pelaksanaan dari pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan dari setiap pemakaian jasa pelayanan kesehatan. Kualitas dari pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) akan memberikan pengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien yang merupakan perbandingan antara persepsi klien dengan pelayanan kesehatan yang diterimanya. Bidan harus memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan peran fungsi dan tugas bidan serta sesuai dengan standar dan etika profesi yang telah disyahkan atau sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan sehingga menghasilkan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) yang bermutu sehingga memberikan rasa kepuasan terhadap pasien sesuai dengang tingkat kepuasan rata-rata. Empati, sikap hubungan terapeutik yang menjadi unsur penting dalam sebuah proses yang berlangsung secara interpersonal dimana empati akan membantu dalam mempererat hubungan antara bidan dengan pasien. Selain empati, bukti fisik yaitu ketersedian fasilitas fisik, perlengkapan, dan penampilan petugas kesehatan yang dirasakan langsung oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara empati bidan dan bukti fisik dengan tingkat kepuasan pelayanan kesahatan ibu dan anak (KIA) dengan media kuesioner di Puskesmas Janti Kota Malang. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan cara purposive sampling dengan jumlah responden penelitian dengan rumus teknik slovin sebanyak 86 responden. Hasil uji analisis statistik dengan Chi-Square pada variabel empati bidan didapatkan nilai 0,002 dan bukti fisik 0,000 yang berarti empati bidan dan bukti fisik terdapat hubungan nilai signifikan α<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara empati bidan dan bukti fisik dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan ibu dan anak di puskesmas janti kota malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2018/208/051805449 |
Uncontrolled Keywords: | satisfication, emphaty, tangibles, kepuasan, empati, bukti fisik |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 01:37 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167269 |
Preview |
Text
Dian Rahma Utari Siregar.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |