Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Kedai Kopi Di Kota Malang

Fikri, Nauval (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Kedai Kopi Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Topik mengenai kewirausahaan selalu menarik untuk dikaji karena sifatnya yang dinamis dan terkait dengan banyak faktor. Berbagai macam bidang usaha yang saat ini sedang mengalami perkembangan, kedai kopi merupakan salah satunya. Hal ini terlihat dari banyaknya bermunculan kedai kopi diberbagai kota. Saat ini popularitas kopi semakin meningkat, bahkan sudah menjadi sebuah gaya hidup semua kalangan. Hal ini menjadi penyebab bermunculannya kedai kopi dari yang sederhana hingga kafe mewah. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur dengan responden adalah pemilik atau pengelola usaha kedai kopi sebanyak 30 orang. Penentuan sampel tersebut dilakukan dengan metode nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistic deskriptif dan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian mendapati bahwa Personal Attitude berpengaruh secara signifikan terhadap Entrepreneurial Intentions karena minat adalah sumber motivasi seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan bila seseorang bebas memilih. Dorongan tersebutlah yang membuat seseorang bisa memiliki intensi berwirausaha kedai kopi. Social Norm tidak berpangaruh secara signifikan terhadap Entrepreneurial Intentions karena lingkungan dari orang terdekat yang tidak memiliki latar belakang atau pengetahuan mengenai kegiatan wirausaha dan pengolahan kopi sehingga membuat pandangan responden terbatasi dengan saran atau masukan yang diberikan orang-orang tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan kegiatan wirausaha kedai kopi. Perceived Behavioral Control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Entrepreneurial Intentions karena tingkat kepercayaan diri dan kematangan mental seseorang berbanding lurus dengan tinggi rendahnya niat berwirausaha yang dimiliki oleh setiap individu.

English Abstract

The topic of entrepreneurship is always interesting to study because it is dynamic and is related to many factors. Various types of business fields that are currently undergoing development, coffee shops are one of them. This can be seen from the number of coffee shops sprung up in various cities. At present the popularity of coffee is increasing, it has even become a lifestyle for all circles. This is the reason for the appearance of coffee shops from simple to fancy cafes. This research was conducted in Lowokwaru Subdistrict, Malang City, East Java with respondents being the owner or manager of a coffee shop business of 30 people. Determination of the sample is done by non-probability sampling method with a type of purposive sampling. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and SEM-PLS analysis. The results of the study found that Personal Attitude has a significant effect on Entrepreneurial Intentions because interest is a source of motivation for someone to do what they want to do if someone is free to choose. It is this encouragement that makes a person have the entrepreneurial intention of a coffee shop. Social Norm does not have a significant effect on Entrepreneurial Intentions because the environment of the closest people who do not have background or knowledge about entrepreneurial activities and coffee processing makes the views of the respondents limited by the suggestions or input given by these people as considerations in running store entrepreneurship activities coffee. Perceived Behavioral Control has a significant influence on Entrepreneurial Intentions because the level of confidence and mental maturity of a person is directly proportional to the high and low intention of entrepreneurship that is owned by each individual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/997/051901910
Uncontrolled Keywords: Intensi Kewirausahaan (Entrepreneurial Intentions ), SEM-PLS, Entrepreneurial Intentions, SEM-PLS.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.2 Beverages (drinks)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:19
Last Modified: 20 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167072
[thumbnail of NAUVAL FIKRI.pdf]
Preview
Text
NAUVAL FIKRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item