Putri, Reyska Denada (2018) Pengaruh Ekspektansi Kinerja, Ekspektansi Usaha, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Minat Perilaku Penggunaan e-Filing (Studi Pada KPP Pratama Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan alamat www.djponline.pajak.go.id atau Penyedia Layanan Aplikasi atau Application Service Provider (ASP). e-Filing bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dari pemerintah kepada Wajib Pajak dengan memberikan fasilitas pelaporan pajak secara elektronik. e-Filing diharapkan dapat membantu dalam memangkas biaya dan waktu yang dibutuhkan oleh Wajib Pajak dalam mempersiapkan, memproses, dan melaporkan Surat Pemberitahuan pajak ke kantor pajak secara benar dan tepat waktu. Dengan adanya kemudahan yang dibuat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui e-Filing, diharapkan mampu semakin meningkatkan jumlah Wajib Pajak yang melaporkan Surat Pemberitahuan secara lebih efektif dan efisien. Namun pada kenyataanya masih terdapat Wajib Pajak yang masih mendatangi kantor pelayanan pajak dimana tempat Wajib Pajak terdaftar untuk melaporkan Surat Pemberitahuan tahunannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh melalui data internal KPP Pratama Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Kota Malang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik judgement sampling. Metode analisis menggunakan regresi linear berganda, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap minat perilaku penggunaan e-filing di KPP Pratama Kota Malang Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan e-filing.
English Abstract
e-Filing is the process of submitting annual tax return (SPT) electronically online and real time using the internet on the website Direktorat Jenderal Pajak (DJP) on link address www.djponline.pajak.go.id or Application Service Provider (ASP). e-Filing aims to improve services from the government to taxpayers by providing on-site tax reports electronically. e-Filing is expected to help in trim costs and time taken by taxpayers in preparing, processing and reporting annual tax return to the tax office correctly and on time. Based on the ease with which created Direktorat Jenderal Pajak (DJP) via e-filing. expected to progressively increase the number of taxpayers who report annual tax report in a more effective and efficient. But in fact there are taxpayers who still come to the tax services office where the taxpayer is registered to report the annual tax return. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. Data resources used come from the primary data obtained through questionnaires and secondary data obtained through internal data from KPP Pratama Kota Malang. Population in this research is individual taxpayers in KPP Pratam Kota Malang. Samples taken as many as 100 respondents using judgement sampling tecniques. Analytical methods using multiple linear regression, descriptive statistic and inferential statistic. This research was to find out the influence of performance expectancy, effort expectancy, system quality and information quality of behavioral intention to use e-filing in KPP Pratama Kota Malang. Based on t test result can be concluded that the variable performance expectancy, effort expectancy, system quality and information quality affects of behavioral intention to use e-filing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/1224/051901847 |
Uncontrolled Keywords: | Ekspektansi Kinerja, Ekspektansi Usaha, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Minat Perilaku, e-Filing-Performance Expectancy, Effort Expectancy, System Quality, Information Quality, Behavioral Intention, e-filing |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 07:18 |
Last Modified: | 17 May 2022 08:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166877 |
Text
Reyska Denada Putri.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |