Mahayani, Odytri Caesar (2018) Pengaruh Customer Engagement Melalui Media Sosial Terhadap Kepercayaan Merek (Studi Kasus : Instagram Shopee). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepercayaan terhadap merek dapat ditumbuhkan dari adanya hubungan timbal balik dalam suatu interaksi engagement. Customer engagement melalui media sosial adalah upaya dari sebuah perusahaan untuk tetap berhubungan baik dengan pelanggannya melalui sarana media sosial. Menurut sebuah survei Instagram merupakan media sosial dengan nilai keterlibatan tertinggi. Shopee merupakan salah satu marketplace yang terpopuler di Indonesia. Dibandingkan dengan marketplace lainnya, pada bulan Maret hingga Mei 2018 jumlah pengikut Shopee pada Instagram sangat tinggi, dan dari segi engagement Shopee juga memiliki tingkat engagement tertinggi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah customer engagement yang dilakukan Shopee melalui media sosial Instagram berpengaruh terhadap kepercayaan merek Shopee. Terdapat 4 variabel yang digunakan pada penelitian ini dalam usaha pembentukan customer engagement. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menyebarkan kuesioner kepada pengikut (followers) akun Instagram Shopee Indonesia yang pernah berinteraksi dengan memberikan like, berkomentar, dan melakukan repost pada akun Instagram Shopee Indonesia minimal sebanyak 3 kali kepada 100 responden. Penelitian ini bertujuan mencari hubungan dari adanya customer engagement terhadap kepercayaan merek secara parsial dan simultan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan secara parsial, dari keempat variabel tersebut 3 diantaranya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan merek Shopee. Sedangkan hasil analisis secara simultan diketahui seluruh variabel secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepercayaan merek.
English Abstract
Trust in brands can be grown from the reciprocal relationship in an engagement interaction. Customer engagement through social media is an attempt by a company to keep in touch with its customers through social media facilities. According to a survey Instagram is a social media with the highest involvement value. Shopee is one of the most popular marketplaces in Indonesia. Compared to other marketplaces, from March to May 2018 the number of Shopee followers on Instagram is very high, and in terms of Shopee engagement also has the highest level of engagement. Therefore this study aims to see whether customer engagement by Shopee through Instagram social media has been able to create trust in the Shopee brand. There are 4 variables used in this study in the effort to establish customer engagement. Data collection is done online by distributing questionnaires to followers of Shopee Indonesia Instagram accounts who have interacted with giving, commenting, and reposting Shopee Indonesia Instagram accounts at least 3 times to 100 respondents. This study aims to find a relationship from the existence of customer engagement to brand trust partially and simultaneously using multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis that has been done partially, of the four variables 3 of them have a significant influence on the trust of the Shopee brand. While the results of the analysis are simultaneously known all variables together influence the brand trust.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/1007/051900820 |
Uncontrolled Keywords: | customer engagement, kepercayaan merek, media sosial-customer engagement, brand trust, social media. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 May 2019 03:09 |
Last Modified: | 18 May 2022 07:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166782 |
![]() |
Text
Odytri Caesar Mahayani.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |