Irmayanti, Tety Yostafia (2018) Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Kadaster Lengkap (Kakap) Untuk Layanan Administrasi Pertanahan Terpadu (Studi Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbagai program dan kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik. Dalam rangka mendukung dan mewujudkan sistem informasi pertanahan serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, maka Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik membuat inovasi Kadaster Lengkap (KAKAP). Munculnya inovasi KAKAP adalah selama ini belum ada standar peta dan basis data yang dapat digunakan secara kongkrit dan terpadu antara instansi atau lembaga pemerintahan daerah yang memliki kewenangan untuk memberikan izin pemanfaatan lahan. Setelah seluruh data maupun informasi administrasi pertanahan terfasilitasi di dalam KAKAP maka masyarakat akan dapat dengan mudah mendapatkan layanan yang sebelumnya hanya bisa diakses pada instansi dan lembaga pemerintahan daerah tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun lokasi dalam penelitian ini berada di Kabupaten Gresik dan situs penelitian ini adalah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik.Terdapat dua fokus dalam penelitian ini yaitu, proses pengembangan inovasi program KAKAP dan faktorfaktor yang mendukung serta menghambat pelaksanaan inovasi Program KAKAP. Selanjutnya, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik melalui program KAKAP yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik sudah sangat baik. Mengingat hal yang mendasari adanya inovasi ini adalah keinginan memberikan kemudahan dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan sertifikasi tanah agar memiliki kepastian hak atas tanah sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara legal. Namun dalam inovasi ini masih terdapat kekurangan. Karena meskipun inovasi KAKAP telah terintegrasi dengan aplikasi Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP), namun informasi maupun layanan masih belum bisa diakses secara langsung oleh masyarakat kedalam aplikasi KKP seperti program-program lainnya yang terdapat pada Kantor Pertanahan. Sehingga masyarakat masih harus datang ke Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik untuk memperoleh informasi maupun layanan inovasi program KAKAP
English Abstract
The main purpose of public service is to fulfill the need of the community which is done through various programs and activities. In order to support and actualize the land information system as well as to increase the quality of public services, the Land Office of Gresik Regency made an innovation named Complete Cadastral Program (KAKAP). However, the condition of this innovation has not been indicated as standard because there is no standard maps and databases which can be used in concrete way and integrated between agencies and local government that has an authority to grant the land use permits. After all the data and land administration information is facilitated in KAKAP , the society will be able to obtain services easily which previously can only be accessed by certain government institutions and government agencies. This research used qualitative method with descriptive approach. The location of this research was in Gresik Regency with the research site was at Gresik Regency Land Office. There were two focuses in this research, including, the innovation process development of KAKAP and the factors that support and hinder the implementation of KAKAP program. Furthermore, data analysis used in this research is Miles, Huberman and Saldana models. The results of this study indicate that the innovation of public service through KAKAP program conducted by the Land Office of Gresik Regency has been very good. Regarding to this, it has fulfilled the basic of the innovation in which it is about the desire to provide convenience to community and to increase public awareness to certify the land in order to have a certainty of land right that later can be considered as legal. However, there are still some deficiencies appeared. That is even though KAKAP program has been intergrated with Land Activities Computerizaiton (KKP) application, the information and service still cannot be accessed directly by community into KKP application such as other programs that happened in Land Office. Therefore, the community still have to come to the Land Office of Gresik Regency to obtain information and service innovation KAKAP program.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/333/051804874 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pelayanan Publik, Innovation, Public Servic |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 22 May 2019 06:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 01:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166220 |
Preview |
Text
Tety Yostafia Irmayanti.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |