Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekolabel (Studi Pada Produk PT Ultrajaya)

Ramadhan, M. Afif Fathi (2017) Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekolabel (Studi Pada Produk PT Ultrajaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk ekolabel pada produk PT Ultrajaya. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator pada variabel sikap konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ekolabel pada produk PT Ultra Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research dengan objek penelitian konsumen produk PT Ultrajaya yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Sumber data dalam penelitian adalah data primer berupa data yang diperoleh berdasarkan pengukuran secara langsung oleh peneliti dari sumbernya. Selain itu sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa jurnal dan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan purposive sampling karena peneliti melakukan penelitian yang hanya ditujukan kepada orang-orang yang mengkonsumsi produk PT Ultrajaya khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2012-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sikap Konsumen (X) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ekolabel PT Ultrajaya. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi probabilitas sebesar 0,000 dengan nilai probabilitas <0,05 serta nilai Beta sebesar 0,268 yang berarti bahwa variabel sikap konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk ekolabel PT Ultrajaya. Selain itu Indikator pada variabel sikap konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk ekolabel PT Ultrajaya adalah indikator evaluasi merek dengan nilai mean sebesar 4,5, dan item yang dominan pada indikator evaluasi merek adalah item perasaan konsumen belum menjaga lingkungan hidup dengan bertanggungjawab. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian produk ekolabel PT Ultrajaya item indikator yang memiliki pengaruh dominan adalah item akan selalu memilih produk ekolabel.

English Abstract

This research aims was determinied and analyzed the impact of consumer behaviour to the purchasing decision of ecolabel product in PT Ultrajaya product. Besides, this research aims to determine the indicators of consumer behaviour variable which has dominant effect to the decision of ecolabel products purchasing of PT Ultrajaya product. This research uses quantitative method with explanatory research as its type with the object of research is the consumers of PT Ultrajaya product who are the students of Administration Study Faculty, University of Brawijaya. The source of data in this research is primary data in form of data obtained based on the direct measurment done by the Researcher from its source. Besides, another source of data in this research is secondary data in form of journals from previous researches. This research uses purposive sampling because the Researcher wants to do an observation which is only aimed at people who consume PT Ultrajaya product, especially the students of Administration Study Faculty, University of Brawijaya, who are in grade 2012-2016. The result of this research shows that Consumer Behaviour variable (X) has a significant influence to Purchasing Decision (Y) of PT Ultrajaya ecolabel product. It is proved by the probability significance level 0,000 with the probability value is <0,05 and Beta value is 0,268 in number, which means consumer behaviour variable has a significant influence to the purchasing decision of PT Ultrajaya ecolabel product. Besides, the indicator of consumer behaviour variable which has a dominant influence to the purchasing decision of PT Ultrajaya ecolabel product variable is brand’s evaluation indicator with the mean value is 4,5 in number and the dominant item in the brand’s evaluation indicator is “consumers feeling item have not responsibly preserve the environment”. Meanwhile in the purchasing decision of PT Ultrajaya ecolabel product variable, the indicator item which has a dominant influence is the item of “will always choose ecolabel product”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1373/051805464
Uncontrolled Keywords: Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian, Produk Ekolabel-Consumer Behaviour, Purchasing Decision, Ecolabel Product
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 21 May 2019 07:09
Last Modified: 25 Oct 2021 04:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166027
[thumbnail of M. Afif Fathi Ramadhan.pdf]
Preview
Text
M. Afif Fathi Ramadhan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item