Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Melalui Program Salam 30 Menit (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu)

Maulina, Rizka Rahma (2018) Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Melalui Program Salam 30 Menit (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu pelayanan publik saat ini merupakan isu penting dalam penyediaan layanan publik di Indonesia. Selama ini pelayanan publik di Indonesia dinilai masih belum memuaskan masyarakat. Kehadiran inovasi pelayanan publik merupakan salah satu solusi untuk mengatasi segala permasalahan pelayanan publik yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Untuk itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu membuat inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program Salam 30 Menit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di Kota Batu sedangkan situsnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan beberapa informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara dan alat bantu lainnya. Hasil peneltian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program Salam 30 Menit sudah berjalan dengan baik. Tujuan pelaksanaan inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran adalah untuk memberikan pelayanan terbaik berupa kemudahan bagi masyarakat untuk membuat akta kelahiran, tahapan atau proses inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran dilihat melalui tahapan atau proses inovasi menurut Rogers serta Aktor yang terlibat dalam pelaksanaan inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran adalah kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Batu, kepala bidang pencatatan sipil, kepala seksi kelahiran dan kematian, petugas operator, petugas registrasi, petugas loket pelayanan dan masyarakat luas sebagai pemohon akta kelahiran. Faktor pendukung inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran adalah adanya dasar hukum yang jelas serta adanya dukungan dan komitmen pelaksana program, adanya kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan membangun citra positif kepada masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh birokrat. Faktor penghambat inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran adalah keterbatasan jumlah petugas loket pelayanan pembuatan akta kelahiran dan terbatasnya peluang atau kesempatan bagi pegawai untuk mengikuti diklat ketrampilan maupun karier, tidak adanya sosialisasi lanjutan dari RT maupun RW kepada masyarakat dan persyaratan yang tidak diketahui oleh seluruh masyarakat.

English Abstract

The current issue of public services is an important issue in the provision of public services in Indonesia. So far, public services in Indonesia are still considered unsatisfactory. The presence of innovation of public service is one solution to overcome all problems of public service which many complained about by society. For that the Office of Population and Civil Registration Batu City make innovation service birth certificate making through the program Salam 30 Minutes. This research uses descriptive qualitative research type located in Batu Town while its site is in Department of Population and Civil Registration of Batu City. Sources of data used are primary data obtained from interviews with some related informants, while secondary data obtained from documents related to the research topic. Data collection techniques through observation, interview and documentation. While the research instrument is the researcher himself and some supporting tools such as interview guides and other aids. The result of the research shows that the innovation of birth certificate service through the 30 Minute Salam program has been going well. The purpose of the implementation of service innovation birth certificate is to provide the best service in the form of easiness for the community to make birth certificate, stages or innovation process of birth certificate making services seen through stages or innovation process according to Rogers and Actors involved in the implementation of service innovation making birth certificate is the head the civil registration and civil registration office of Batu City, the head of civil registration, head of birth and death section, operators, registration officers, service counter officers and the wider community as applicants for birth certificates. Factors supporting the innovation of birth certificate service are the existence of clear legal basis and existence of support and commitment of program implementer, existence of increasingly complex society need and build positive image to society to service given by bureaucrat. The inhibiting factors of service innovation of birth certificate are limited number of service officers making birth certificate and limited opportunity or opportunity for employee to follow in skill and career, no further socialization from RT and RW to society and requirement not known by all society

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/532/051807726
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Program Salam 30 Menit, Public Service, Public Service Innovation, Greetings 30 Minutes Program.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 May 2019 06:32
Last Modified: 28 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166017
[thumbnail of Rizka Rahma Maulina.pdf]
Preview
Text
Rizka Rahma Maulina.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item