Studi Eksplorasi Efek Perbedaan Cara Minum Terhadap Persepsi Multisensori Produk Susu Pasteurisasi

Fitriah, Rusdiani (2018) Studi Eksplorasi Efek Perbedaan Cara Minum Terhadap Persepsi Multisensori Produk Susu Pasteurisasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan untuk kesehatan dan pertumbuhan manusia, karena susu mengandung nilai gizi berkualitas tinggi. Hampir semua zat yang dibutuhkan manusia ada di dalamnya, yaitu protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, dan mineral. Semua zat-zat tersebut dapat dicerna dan diabsorbsi secara sempurna oleh tubuh. Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia dengan tingkat konsumsi susu yang rendah karena berkaitan dengan rasa dan aroma susu terutama pada produk susu segar seperti susu pasteurisasi. Kemasan dan cara penyajian susu yang beragam dapat menyebabkan cara minum yang berbeda-beda, cara minum juga dapat mempengaruhi persepsi sensori, karena persepsi tidak hanya ditimbulkan oleh indera manusia, namun dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan peralatan. Penelitian ini melibatkan panelis tidak terlatih sebanyak 105 orang menggunakan 2 jenis sampel yang berbeda, yaitu susu pasteurisasi skim dan susu pasteurisasi fullcream dengan 3 cara minum yang berbeda, yaitu minum langsung dari cup, minum dengan menggunakan sedotan, dan minum menggunakan sendok. Atribut sensori yang digunakan dalam kuisioner untuk penelitian sebanyak 27 atribut. Dari hasil penelitian dengan metode RATA diperoleh pada sampel susu pasteurisasi skim atribut yang signifikan adalah atribut aroma asam, rasa seperti plastik, dan ringan di mulut, sedangkan untuk susu pasteurisasi fullcream atribut yang signifikan yaitu atribut rasa manis, rasa seperti karton/kardus, kasar di lidah, dan warna kuning. Untuk pengaruh cara minum semua atribut terhadap persepsi panelis tertinggi yaitu cara minum dengan menggunakan sedotan.

English Abstract

Milk is one of the sources of animal protein needed for growth and health of human beings, because it contains high quality nutritional value. Almost all of the needed human substances contained proteins, fats, carbohydrates, minerals, vitamins, and minerals. All of these substances can be digested and absorbs perfectly by the body. Indonesia is one of the Asian countries with low levels of milk consumption, as it contains to the taste and after taste of milk primarily on fresh dairy products such as pasteurized milk. Packaging and presentation of the varied methods of milk cause different drinking methods, drinking methods can affect the sensory perception, because the perception not only posed by human senses, but can be influenced by environmental and the equipment. This research involved 105 untrained the panelists, used two different samples namely skimmed and fullcream pasteurized milk, with three different drinking methods: „immediete drinking from the cup‟, „sucking through the straw‟ and „tasting from the spoon‟. Sensory attributes used in quisioner to research as much as 27 attributes. From the results of research by RATA method obtained on samples of skim pasteurized milk significant attributes are acid flavor, taste like plastic, and light in the mouth, for fullcream pasteurized milk significant attributes are sweet taste, taste like cardboard, rough on the tongue, and yellow colour. The influence of drinking methods for all attributes based on the highest panelists is panelist sucking through the straw.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKr/FTP/2018/414/051809589
Uncontrolled Keywords: cara minum, susu pasteurisasi, atribut sensori, metode RATA / drinking methods, pasteurized milk, sensory attributes, RATA method
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.37 Dairy and related products
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:38
Last Modified: 01 Jul 2022 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166011
[thumbnail of Rusdiani Fitriah.pdf] Text
Rusdiani Fitriah.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item