Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Java Dancer Coffee)

Isnandari, Apriliani (2018) Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Java Dancer Coffee). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, store atmosphere, dan harga terhadap kepuasan konsumen secara bersama-sama dan mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 responden yang berkunjung ke Java Dancer Coffee. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Rsquare (Koefisien determinasi) sebesar 0,537 artinya bahwa 53,7% variabel kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas produk (X1) , store atmosphere (X2), dan harga (X3) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, store atmosphere, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa variabel harga mempunyai t hitung dan koefisien beta paling besar. Sehingga variabel harga mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan variabel yang lain, maka variabel harga mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen Java Dancer Coffee. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini sebesar 0,537. Artinya bahwa 53,7% variabel kepuasan konsumen akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Kualitas Produk (X1), Store Atmosphere (X3), dan Harga (X3). Sedangkan sisanya 46,3% variabel Kepuasan Konsumen akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

English Abstract

This study aims to determine the effect of product quality, store atmosphere, and price to customer satisfaction simultaneously and know which variables that have dominant influence on customer satisfaction. The type of research used in this study is explanatory research with quantitative approach. The sample in this study were 113 respondents who visited Java Dancer Coffee. Sampling technique using purposive sampling technique and data collection method using questionnaire or questionnaire. Data analysis technique in this research is instrument test (test of validity and reliability test) and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that based on determination coefficient analysis obtained R square (Coefficient of determination) of 0.537 means that 53.7% variable consumer satisfaction (Y) is influenced by product quality (X1), store atmosphere (X2), and price (X3 ) and the other is influenced by other variables that are not discussed in this study. Based on “t” test results can be seen that the variable quality of products, store atmosphere, and price significantly influence customer satisfaction. The t test results also show that the price variable has t count and the biggest beta coefficient. So the price variable has the strongest influence compared to other variables, then the price variable has a dominant influence on consumer satisfaction Java Dancer Coffee. Adjusted R Square value in this study amounted to 0.537. This means that 53.7% of customer satisfaction variables will be influenced by independent variables, namely Product Quality (X1), Store Atmosphere (X3), and Price (X3). While the remaining 46.3% variable Consumer Satisfaction will be influenced by other variables that are not discussed in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/521/051807715
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Store Atmosphere, Harga, dan Kepuasan Konsumen, Product Quality, Store Atmosphere, Price, and Consumer Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:05
Last Modified: 28 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165995
[thumbnail of Apriliani Isnandari.pdf]
Preview
Text
Apriliani Isnandari.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item