Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kecap Laron Dengan Metode Structural-Equation Modelling (Sem) Studi Pada Konsumen Kecap Laron Di Kota Tuban, Jawa Timur

Immanuel, Eunike Melody (2018) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kecap Laron Dengan Metode Structural-Equation Modelling (Sem) Studi Pada Konsumen Kecap Laron Di Kota Tuban, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kecap di Indonesia saat ini sedang berkembang dan menjadi daya tarik bagi produsen untuk mengembangkan usaha pada perindustrian kecap dan bumbu. Hal ini ditandai dengan banyaknya merek kecap dengan brand merk terkenal seperti kecap Bango, ABC, dan Indofood. Kecap Laron merupakan salah satu kecap lokal yang berasal dari Kota Tuban yang ikut meramaikan persaingan dalam perindustrian kecap dan bumbu. Ditengah persaingan pasar yang tinggi, Kecap Laron mampu bertahan dikarenakan masih banyaknya warga Kota Tuban yang masih setia menggunakan Kecap Laron. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan dan kesetiaan atau loyalitas konsumen Kecap Laron melalui variabel kualitas produk, harga, dan promosi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh 112 konsumen Kecap Laron. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural-Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi terhadap kepuasan pelanggan, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen.

English Abstract

The soy sauce industry in Indonesia is currently growing and become an attraction for producers to develop their business on soy sauce and spices industry. It is characterized by the many brands of soy sauce with famous brands such as Bango, ABC, and Indofood. Laron sauce is one of the local soy sauce originating from Tuban City that enliven competition in soy sauce industry and spices. In the midst of high market competition, Laron sauce is able to survive because there are still many residents of Tuban who still faithfully use Laron's sauce. This study aims to analyze the satisfaction and loyalty or consumer loyalty of Laron sauce through product quality, price, and promotion variables. Data collection was done by filling out questionnaires by 112 consumers of Laron Sauce. Test requirements analysis using validity test and reliability test. The method of analysis used in this research is Structural-Equation Modeling (SEM) analysis with the help of AMOS application. The result of this research shows that there is a positive and significant influence between product quality to customer satisfaction, there is negative and insignificant influence between price to customer satisfaction, there is positive and significant influence between promotion to customer satisfaction, and there are positive and significant influence between customer satisfaction and consumer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/208/051805355
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, harga, promosi, kepuasan, loyalitas, SEM / product quality, price, promotion, satisfaction, loyalty, SEM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:16
Last Modified: 30 Jun 2022 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165946
[thumbnail of Eunike Melody Immanuel.pdf] Text
Eunike Melody Immanuel.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item