Analisis Penerapan Custom Excise Information System And Automation (Ceisa) Dalam Peningkatan Pelayanan Kewajiban Kepabeanan (Studi Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya)

Imama, Rossy Rahmawati (2018) Analisis Penerapan Custom Excise Information System And Automation (Ceisa) Dalam Peningkatan Pelayanan Kewajiban Kepabeanan (Studi Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan impor barang oleh masyarakat Indonesia dapat menambah penerimaan negara. Salah satu instansi negara yang bertanggung jawab dalam hal impor maupun ekspor adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atau (DJBC). Instansi ini mempunyai fungsi pelayanan serta pengawasan masyarakat di bidang kepabeanan dan atau cukai seperti dokumen-dokumen dan juga pungutan-pungutan yang dilakukan oleh negara tersebut yakni Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) dan Bea Masuk (BM). Dalam pelayanan yang diberikan mengenai ekspor maupun impor barang, DJBC pada tahun 2012 sudah menggunakan sistem elektronik yang disebut dengan Customs Excise Information System And Automation (CEISA). Fokus penelitian ini adalah analisis penerapan CEISA dalam peningkatan pelayanan kewajiban kepabeanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa optimal penerapan CEISA dalam peningkatan pelayanan kewajiban kepabeanan yang diberikan pada KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada situs penelitian.sumber data yang digunakan yaitu data primer melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber terkait dengan tema dari penelitian. Dan metode analisis data yang digunakan berdasarkan Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya dalam melakukan pelayanan melalui sistem CEISA sudah diterapkan, namun ada beberapa hambatan yang terjadi seperti sistemnya sering down dan masih banyaknya pengguna jasa yang kurang memahami cara pengoperasian sistem tersebut. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah KPPBC TMP Tanjung Perak adalah menambah server, mengadakan pelatihan bagi pengguna jasa dan juga mewajibkan menggunakan sistem ini sehingga penggunaan sistem CEISA ini lebih efektif dan optimal dan juga tidak ada lagi pelayanan manual yang diberikan.

English Abstract

Activities imports by the people of Indonesia can increase state revenue. One of the state agencies responsible for import and export is called Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). This agency has a service function as well as supervision of the public in the field of customs and or excise such as documents and also levies made by the country namely Import Tax (PDRI) and Import Duty (BM). In the service of export and import, DJBC in 2012 has been using electronic system called Customs Excise Information System And Automation (CEISA). The focus of this research is “analysis implementation of CEISA in improving the service of customs duty. Purpose of this research is to find how optimal this application (CEISA) in improving the service customs duty, especially in KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya. This type of research is qualitative research by using descriptive approach. The data are obtained through interviews, observations and documentation conducted on the research site. Data source used is primary data through interviews and secondary data obtained from various sources related to the theme of the research. And methods of data analysis used based on Miles & Huberman is data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study indicate that KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya in performing services through the CEISA system has been implemented, but there are some obstacles that occur such as the system is often down and still many service users who do not understand how the operation this system. The recommendation of this research that KPPBC TMP Tanjung Perak is adding servers, conducting training for service users and also requiring the use of this system so that the use of this CEISA system is more effective and optimal and also no longer provided manual services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/320/051804861
Uncontrolled Keywords: DJBC, Pelayanan, CEISA, Impo, DJBC, Service, CEISA, Import.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:56
Last Modified: 28 Oct 2021 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165941
[thumbnail of Rossy Rahmawati Imama.pdf] Other
Rossy Rahmawati Imama.pdf

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item