Pelayanan Jaminan Sosial Veteran Republik Indonesia Di Kanminvetcad V/28 Kota Malang

Rahmadani, Devitasari (2018) Pelayanan Jaminan Sosial Veteran Republik Indonesia Di Kanminvetcad V/28 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Demi menjamin jaminan sosial Veteran Republik Indonesia, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No. 15 Tahun 2012 tentang hak-hak veteran Republik Indonesia yang merupakan dasar hukum untuk menjamin para veteran untuk mendapatkan hak-haknya sebagai pahlawan khususnya jaminan sosial yang telah tercantum dalam pasal 12 UU No 15 Tahun 2012. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah membentuk instansi pemerintahan untuk melayani veteran dalam mendapatkan hak-haknya. Instansi tersebut ialah Kanminvetcad, Babinminvetcad, dan Ditjen Pothan. Kanminvetcad sebagai instansi pemerintah yang berinteraksi langsung dengan veteran diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan baik dan maksimal. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Kanminvetcad V/28 Kota Malang. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitiannya adalah peneliti sendiri dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Masalah waktu pelayanan yang lama, sarana dan prasarana yang perlu perbaikan hingga komunikasi kepada veteran yang terhambat oleh faktor umur veteran yang sudah tua menjadi masalah dalam pelayanan kepada veteran. Untuk itu Kanminvetcad perlu melakukan perbaikan terhadap hambatan yang ada dalam memberikan pelayanan kepada veteran. Sehingga pelayanan jaminan sosial dapat berjalan dengan baik.

English Abstract

In order to guarantee the social security of Veterans of the Republic of Indonesia, the government issued Law no. 15 of 2012 on the rights of veterans of the Republic of Indonesia which is the legal basis to guarantee the veterans to get their rights as a hero especially social security that has been listed in Article 12 of Law No. 15 of 2012. To realize this the government established government agencies to serve veteran in getting his rights. These institutions are Kanminvetcad, Babinminvetcad, and DG Pothan. Kanminvetcad as a government agency that interact directly with veterans is expected to provide service with good and maximum. The type of descriptive research with qualitative approach located in Malang, while the site is in Kanminvetcad V / 28 Malang. Primary data sources were obtained from interviews from related informants, while secondary data were obtained from documents relating to the theme. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher himself and some supporting tools such as interview guides, and other aids. The problem of long service time, facilities and infrastructure that need improvement until communication to veterans who are hampered by the age factor of old veterans is a problem in service to veterans. For that Kanminvetcad need to make improvements to the barriers that exist in providing services to veterans. So that social security services can run well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/556/051807750
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Jaminan Sosial, Veteran, Public Service, Social Security, Veteran
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:39
Last Modified: 28 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165889
[thumbnail of Devitasari Rahmadani.pdf]
Preview
Text
Devitasari Rahmadani.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item