Pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Shopping Lifestyle (Survei pada Pengguna Produk Fashion Pria di Kota Malang)

Winarto, Juandhika Kevin Putra (2018) Pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Shopping Lifestyle (Survei pada Pengguna Produk Fashion Pria di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan bagaimana karakteristik responden produk fashion pria di Kota Malang, (2) mengetahui dan menjelaskan faktor –faktor yang membentuk Hedonic Shopping Motives, (3) mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh determinan Hedonic Shopping Motives terhadap Shopping Lifestyle. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Hedonic Shopping Motives, dan Shopping Lifestyle. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pria pengguna produk fashion di Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 152 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Insidental Sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis statistik inferensial (Analisis Faktor Eksploratori dan Analisis Regresi). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 23 for Mac. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang membentuk Hedonic Shopping Motives, yaitu Faktor Value Shopping (F1), Faktor Idean Shopping (F2), Faktor Social Shopping (F3), Faktor Adventure Shopping (F4) yang berpengaruh signifikan terhadap Shopping Lifestyle (Y). Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor Value Shopping (F1) merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Shopping Lifestyle (Y). Berdasarkan dari hasil penelitian sebaiknya bagi pelaku bisnis atau pemasar dapat menciptakan suasana berbelanja yang nyaman dari segi produk, pelayanan dan kemudahan berbelanja. Suasana berbelanja yang nyaman dari segi produk yaitu pelaku bisnis atau pemasara dapat memberikan penawaran-penawaran terbaik berupa potongan harga atau diskon sehingga dapat memenuhi Value Shopping masyarakat pria pengguna produk fashion di Kota Malang.

English Abstract

The purpose of this study was to (1) identify and explain how the characteristics of fashion products male respondents in Malang, (2) identify and explain how much influence the determinants of Hedonic Shopping Motives to Shopping Lifestyle. The type of research used is explanatory with a quantitative approach. The research variables included Hedonic Shopping Motives, and Shopping Lifestyle. The population in this study is male society users of fashion products in the city of Malang. The sample used in this study was 152 respondents taken using incidental sampling techniques and methods of data collection using a questionnaire. The data analysis used was descriptive statistical analysis, classic assumption test, inferential statistical analysis (Exploratory Factor Analysis and Regression Analysis). The data in this study was processed using SPSS 23 for Mac. The results of the analysis show that there are four factors that make up Hedonic Shopping Motives, namely Value Shopping Factors (F1), Idea Shopping Factors (F2), Social Shopping Factors (F3), Adventure Shopping Factors (F4) which has a significcant effect on Shopping Lifestyle (Y). The results of the analysis show that Value Shopping Factor (F1) is the dominant factor in influencing Shopping Lifestyle (Y). based on the results of the study, it is better for business people or marketers to create a comfortable shopipng atmosphere in terms of products, namely business people or suppliers can provide the best offers in the form of price dicounts so that they can meet the Vaalue Shopping of male users of fashion products in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1109/051900885
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Oct 2019 08:17
Last Modified: 25 Oct 2021 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165684
[thumbnail of Juandhika Kevin Putra Winarto.pdf]
Preview
Text
Juandhika Kevin Putra Winarto.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item