Peran Search Engine Optimization (SEO) dalam Meningkatkan Brand Awarness (Studi Pada PT Inbound ID Jakarta)

Ramadhan, Raygie (2018) Peran Search Engine Optimization (SEO) dalam Meningkatkan Brand Awarness (Studi Pada PT Inbound ID Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Amartha Zwara Guna (InboundID) merupakan perusahaan agency marketing pertama di Indonesia yang bergerak di bidang jasa dalam mengoptimalkan website perusahaan dengan sistem B2B (Business to Business). Internet marketing yang baik akan menciptakan isu atau rumor yang beredar secara cepat bukan hanya di dunia maya tetapi juga di dunia nyata, dan membuat orang tersebut semakin penasaran ingin mecari tahu produk tersebut sehingga akan menimbulkan rasa ingin membeli atau menggunakan produk tersebut. Salah satu strategi untuk meningkatkan peringkat halaman situs web di perusahaan dalam Search Engine seperti Google Search adalah SEO (Search Engine Optimization). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Search Engine Optimization (SEO), peran Search Engine Optimization (SEO) dan faktor penghambat dan pendukung diterapkannya Search Engine Optimization (SEO) dalam meningkatkan Brand Awarness di PT Amartha Zwara Guna (InboundID). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponen dari Analisis Data (Interactive Model) dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi meningkatkan brand awareness melalui SEO terdiri dari sebelas strategi atau kegiatan diantaranya adalah; melakukan kegiatan SEO audit untuk website, mempelajari keinginan konsumen atau pengunjung website, membuat landing page yang sudah dioptimasi dan dipastikan aktif, website dapat diakses menggunakan handphone, menggunakan teknik internal deep linking untuk SEO, menggunakan link juice untuk halaman yang memiliki ranking rendah, memberikan link ke website eksternal yang memiliki domain authority yang tinggi, optimasi konten untuk rank brain, menggunakan adwords copy untuk on-page SEO, memonitor statistik Google search console, dan menghubungkan website dengan sosial media. Peran SEO Dalam meningkatkan brand Awarnes dapat dilihat dari tiga aspek yaitu Brand recognition. Yang kedua yaitu Brand Recall. Dan yang terakhir adalah Top of Mind. Faktor pendukung dari penerapan SEO PT Inbound ID Jakarta adalah adanya kerjasama tim IT dan adanya kualitas komunikasi perusahaan dengan client. Faktor penghambat di PT Inbound ID Jakarta adalah koneksi internet diperusahaan yang terganggu dan tidak stabil dan juga adanya perubahan dan perbedaan sistem SEO yang diterapkan oleh Google dengan perusahaan PT Inbound ID Jakarta.

English Abstract

PT Amartha Zwara Guna (InboundID) is the first marketing agency in Indonesia engaged in services in optimizing corporate websites with B2B (Business to Business) systems. Good internet marketing will create issues or rumors that circulate quickly not only in cyberspace but also in the real world, and make the person more curious to find out the product so that it will create a sense of wanting to buy or use the product. One strategy to increase website page rank in companies in Search Engines such as Google Search is SEO (Search Engine Optimization). The purpose of this research is to find out the Search Engine Optimization (SEO) strategy, the role of Search Engine Optimization (SEO) and the inhibiting factors and the support of the implementation of Search Engine Optimization (SEO) in increasing Brand Awarness at PT Amartha Zwara Guna (InboundID). This study uses qualitative methods with a case study approach. Data collection techniques carried out were observation and interviews. Data analysis techniques used are components of Data Analysis (Interactive Model) from Miles and Huberman. The results of this research are strategies to increase brand awareness through SEO consisting of eleven strategies or activities including; conduct SEO audit activities for websites, study the desires of consumers or website visitors, create landing pages that have been optimized and are sure to be active, the website can be accessed using mobile phones, using internal deep linking techniques for SEO, using link juice for low ranking pages, providing links to external websites that have high domain authority, content optimization for rank brain, use adwords copy for on-page SEO, monitor Google search console statistics, and link websites to social media. The role of SEO In increasing the Awarnes brand can be seen from three aspects, namely Brand recognition. The second is Brand Recall. And the last is Top of Mind. Supporting factors from the implementation of PT Inbound ID Jakarta SEO are the collaboration of the IT team and the quality of corporate communication with the client. The inhibiting factor in PT Inbound ID Jakarta is an internet connection in a disrupted and unstable company and also changes and differences in the SEO system implemented by Google with PT Inbound ID Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1111/051900887
Uncontrolled Keywords: Peran SEO, Brand Awarness-The role of SEO, Brand Awareness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:39
Last Modified: 25 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165681
[thumbnail of Raygie Ramadhan.pdf]
Preview
Text
Raygie Ramadhan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item