Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Ramadhana, Habibie Abdul Quddus (2018) Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna sistem E-learning, (2) pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem E-learning, (3) pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna sistem E-learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian sebanyak 1036 mahasiswa dengan jumlah sampel yang digunakan 92 responden. Merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya angkatan 2015 dan 2016 yang pernah menggunakan sistem informasi e-learning FIA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen data kuesioner. Analisis yang digunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas sistem terhadap variabel kepuasan pengguna sistem e-learning, (2) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas informasi terhadap variabel kepuasan pengguna sistem e-learning, (3) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas sistem terhadap variabel kepuasan pengguna sistem e-learning. Semakin baik persepsi terhadap kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan maka akan semakin meningkatkan kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diharapkan pihak fakultas ilmu administrasi dapat meningkatkan kualitas informasi terutama dalam hal ketepatan waktu dalam menyajikan informasi.

English Abstract

This study aims to determine: (1) the effect of system quality on user satisfaction of the E-learning system, (2) the effect of information quality on user satisfaction of the E-learning system, (3) the effect of service quality on user satisfaction of the E-learning system. This type research used explanatory research with quantitative approach. The total population of the study was 1036 student with a total sampel of 92. The sampling technique used was purposive sampling. Methods of collecting data using questionnaire data instruments. The analysis used descriptive analysis, multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) there was a significant effect of system quality variables on the user satisfaction e-learning system variable, (2) there was a significant effect of information quality variables on the user satisfaction e-learning system variable, (3) there was a significant effect of system quality variable on the user satisfaction e-learning system variable. The better the perception of the quality of the system, the quality of information, and the quality of service will further increase user satisfaction. Based on the results of research, it is expected that the administration science faculty can improve the quality of information, especially in terms of timeliness in presenting information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1115/051900891
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna.-System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2019 01:29
Last Modified: 25 Oct 2021 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165660
[thumbnail of Habibie Abdul Quddus Ramadhana.pdf]
Preview
Text
Habibie Abdul Quddus Ramadhana.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item