Hermadanu, Rehan Febri (2018) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Fuzzy Servqual Dan Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus Di Loodst Coffee, Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bisnis pangan merupakan salah satu sektor bisnis yang mengalami pertumbuhan cepat di Indonesia, apalagi dalam bidang makanan dan minuman seperti cafe menjadi pilihan yang menjanjikan. Hal ini didukung dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih suka menikmati makan dan minum di luar seperti cafe. Jumlah cafe di Tulungagung mengalami peningkatan dengan ditandai banyaknya cafe baru yang didirikan. Munculnya cafe baru tersebut menyebabkan persaingan bagi cafe lama untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis sistem pelayanan yang dilakukan Loodst Coffee dan menentukan dimensi tingkat kepuasaan konsumen yang perlu diperbaiki. Fuzzy Servqual digunakan untuk menganalisis sistem pelayanan di Loodst Coffee. Fuzzy Servqual berguna untuk mengukur tingkat persepsi dan ekspektasi konsumen. Dimensi kualitas yang dipakai meliputi tangible, realibility, responsiveness,, assurance dan emphaty. Metode Quality Function Deployment (QFD) kemudian digunakan untuk mengintegrasikan kebutuhan konsumen dan respon teknis dalam mendapatkan prioritas perbaikan. Penilaian tingkat persepsi dan tingkat ekspektasi dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak 93 responden di Loodst Coffee. Sedangkan penentuan hubungan antara kebutuhan konsumen dan respon teknis dalam House of Quality (HOQ) diperoleh dari kuesioner pakar yang ditujukan kepada pihak owner dan manager cafe.Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui, dari 19 atribut yang ada 18 atribut perlu dilakukan perbaikan. Atribut yang menjadi prioritas dan membutuhkan usaha agar dapat mencapai target yang diinginkan adalah kesesuain penyajian dengan tampilan pada menu dan kualitas makanan dan viii minuman konsisten dengan harga yang ditawarkan. Peningkatan rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan untuk cafe ini dengan menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen.
English Abstract
Food business is one of the fastest growing business sectors in Indonesia, moreover on food and beverage sector like cafe. This is supported by a changes of society lifestyle that is more inclined eat and drink outside like on cafe. The number of cafe in Tulungagung was increased, marked by many new cafe established.The emergence of new cafe cause competition forthe previous business.This research aimed at to analyze of service system atLoodst Coffee and determine the dimention of consumers statisfication level that needs to be repaired.Fuzzy Servqual was used to analyse the service system of Loodst Coffee. Fuzzy servqual was used to measure perception and expectation of consumers. The dimention of service quality were tangible, realibility, responsiveness, assurance and emphaty. Quality Function Deployment method then was used to integrate the consumers needs and technical response to get the improvement priorty. Assessment of the level perception and expection were done by distributing questionnaires to 93 respondents in Loodst Coffee. Determination of the relationship between consumers need and technical response in House of Quality (HOQ) was obtained from questionnaire distributed to expert i. e. owner and manager of cafe. Based on the result there are 18 from 19 attributes need improvement. The priority of attribute which need a to be improved was the suitability of food and beverage presentation look like menu and the consistency of food and beverage quality with the price that offered. The rekomendation to increased their service system is to apply Standard Operating Procedure (SOP).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/145/051803704 |
Uncontrolled Keywords: | Cafe, Fuzzy Servqual, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Quality Function Deployment / Cafe, Fuzzy Serqual, Consumer Satisfication Service Quality, Quality Function Deployment |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 02:45 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 05:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165655 |
Text
Rehan Febri Hermadanu.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |