Analisis Manfaat yang Dirasakan dari Keanggotaan Program Loyalitas dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli (Survei pada Pelanggan Matahari Department Store Malang Town Square di Kota Malang)

Madaningrum, Alifiyani Krisna Ayu (2017) Analisis Manfaat yang Dirasakan dari Keanggotaan Program Loyalitas dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli (Survei pada Pelanggan Matahari Department Store Malang Town Square di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial maupun simultan Manfaat yand Dirasakan (X) terhadap Minat Beli (Y) Pelanggan Matahari Department Store yang berbelanja di Matahari Department Store Malang Town Square di Kota Malang. Variabel independen pada penelitian ini yaitu adalah Manfaat Utilitarian (X1), Manfaat Hedonis (X2), dan Manfaat Simbolis (X3). Variabel dependen dari penelitian in adalah Minat Beli Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan pemegang Kartu Loyalitas Matahari Rewards – OVO yang sedang berberkunjung di Matahari Department Store Malang Town Square di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Manfaat Utilitarian (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Beli Pelanggan (Y) dengan nilai signifikansi t < α yaitu 0,049 < 0,05. Manfaat Hedonis (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Beli Pelanggan (Y) dengan nilai signifikansi t < α yaitu 0,000 < 0,05. Manfaat Simbolis (X3) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Beli Pelanggan (Y) dengan nilai signifikansi t < α yaitu 0,000 < 0,05. Manfaat Utilitarian (X1), Manfaat Hedonis (X2), dan Manfaat Simbolis (X3) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Minat Beli Pelanggan (Y) yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 55,1%, yang diperoleh berdasarkan nilai Adjusted R Square.

English Abstract

This research aims to analyzed and explained the impact of Perceived Benefits of Loyalty Programs (X) on Purchase Intention (Y) partially or simultaneously on Customers of Matahari Department Store Malang Town Square in Malang. Independent variables in this research are Utilitarian Benefits (X1), Hedonic Benefits (X2), and Symbolic Benefits (X3). Dependent variable in this research is Customers Purchase Intention (Y). This research used an explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used questionnaire with total samples of 116 respondent of customers whom joined Loyalty Programs Matahari Rewards – OVO that were visiting Matahari Department Store Malang Town Square in Malang. This research used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis consisting of classical assumption test and multiple linier regression analysis. The results of this reseach indicate that Utilitarian Benefits (X1) partially effect the Consumers Purchase Intention (Y) with a significance value of t < α that is 0,049 < 0,05. Hedonic Benefits (X2) partially effect the Consumers Purchase Intention (Y) with a significance value of t < α that is 0,000 < 0,05. Symbolic Benefits (X1) partially effect the Consumers Purchase Intention (Y) with a significance value of t < α that is 0,000 < 0,05. Utilitarian Benefits (X1), Hedonic Benefits (X2), Symbolic Benefits (X3) has a significant effect simultaneously to the Customers Purchase Intention (Y) which can be seen from the significance value F < α that is 0,000 < 0,05 by giving 55,1% contribution based on Adjusted R Square value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1359/051804441
Uncontrolled Keywords: Manfaat Utilitarian, Manfaat Hedonis, Manfaat Simbolis, dan Minat Beli Pelanggan.-Utilitarian Benefits, Hedonic Benefits, Symbolic Benefits, and Customers Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:36
Last Modified: 25 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165606
[thumbnail of Alifiyani Krisna Ayu M.pdf]
Preview
Text
Alifiyani Krisna Ayu M.pdf

Download (140MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item