Pengaruh Social Commerce Construct terhadap Consumer Trust dan Purchase Intention (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang melakukan Pembelian Online menggunakan Website Tokopedia)

Renardy H, Kartiko (2018) Pengaruh Social Commerce Construct terhadap Consumer Trust dan Purchase Intention (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang melakukan Pembelian Online menggunakan Website Tokopedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Social Commerce Construct terhadap Consumer Trust dan Purchase Intention. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Commerce Construct (X), Consumer Trust (Y1) dan Purchase Intention (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang pernah melakukan pembelian online melalui website Tokopedia dan pernah membeli minimum dua kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden dengan menggunakan teknik probability sampling dengan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis) Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) variabel Social Commerce Construct berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Consumer Trust. Hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien jalur variabel Social Commerce Construct sebesar 0,523 dengan angka probabilitas sebesar 0,000 yang menandakan bahwa angka ini kurang dari alpha (p<0,05), sehingga dikatakan signifikan. (2) variabel Social Commerce Construct berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Purchase Intention dengan variabel Consumer Trust sebagai variabel mediasi. Hasil indirect effect adalah sebesar 0,140 dan angka tersebut menunjukkan bahwa variabel Consumer Trust berperan dalam hubungan antar variabel Social Commerce Construct dan Purchase Intention. (3) variabel Consumer Trust berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Purchase Intention. Hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien jalur variabel Consumer Trust sebesar 0,267 dengan angka probabilitas sebesar 0,003 yang menandakan bahwa angka ini kurang dari alpha (p<0,05), sehingga dikatakan signifikan

English Abstract

This study aims to determine and explain the effect of Social Commerce Construct to Consumer Trust and Purchase Intention. Type of research used is explanatory research with quantitative approach. The variables used in this research are Social Commerce Construct (X), Consumer Trust (Y1) and Purchase Intention (Y2). The population in this study are Undergraduate Student of Faculty of Administrative Sciences Brawijaya University who have made online purchases through Tokopedia website and have bought minimum twice. The sample used in this study were 115 respondents using probability sampling technique with purposive sampling and data collection methods using questionnaires. Data analysis used is descriptive statistical analysis and path analysis (path analysis) The results showed that (1) Social Commerce Construct variables significantly influence the Consumer Trust variable. This can be seen from the value of the Social Commerce Construct variable coefficient coefficient of 0,523 with a probability value of 0,000 indicating that this number is less than alpha (p <0.05), so it is said to be significant.(2) Social Commerce Construct variables significantly influence Purchase Intention variable with Consumer Trust variable as mediation variable. The result of the indirect effect is 0.140 and the number indicates that the Consumer Trust variable plays a role in the relationship between Social Commerce Construct and Purchase Intention variables.(3) Consumer Trust variables significantly influence the Purchase Intention variable. This can be seen from the value of Consumer Trust variable line coefficient of 0.267 with a probability value of 0.003 indicating that this number is less than alpha (p <0.05), so it is said to be significant

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/990/051811515
Uncontrolled Keywords: Social Commerce Construct, Consumer Trust dan Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:55
Last Modified: 25 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165411
[thumbnail of Kartiko Renardy H.pdf]
Preview
Text
Kartiko Renardy H.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item