Saraswati, Voni Lariska (2018) Analisis Preferensi Konsumen Produk Organik (Studi Kasus Di Giant Express Pulosari, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk organik merupakan salah satu jenis produk dimana dalam penanganannya tidak dicampur atau menggunakan bahan kimia sedikit pun. Produk organik pada saat ini sudah cukup banyak dikonsumsi, karena banyak konsumen yang sudah mulai sadar akan kesehatan tubuhnya. Salah satu tempat yang menjual produk organik di Kota Malang adalah Giant ExpressPulosari yang berdiri sejak tahun 2009. Produk organik yang dijual di Giant Express Pulosari ini terdiri dari beras dan sayur (sawi dan pokcoy). Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan konsumennya berdasarkan keputusan pembelian konsumen adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap suatu produk. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen dan keputusan pembelian terhadap produk organik. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 orang yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk organik di Giant Express Pulosari, Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran dan wawancara kepada konsumen. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan software SPSS 17.0 dan smartPLS 3.2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut produk dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap preferensi konsumen dan keputusan pembelian. Preferensi konsumen mampu memediasi hubungan antara atribut produk dan keputusan pembelian. Indikator yang paling berpengaruh pada variabel atribut produk adalah desain kemasan. Indikator paling berpengaruh pada variabel preferensi konsumen adalah harga. Indikator paling berpengaruh pada variabel keputusan pembelian adalah kebutuhan.
English Abstract
The organic product is one type of products which is not mixed in its handling or using any chemicals. It is currently consumed a lot since many consumers are already aware of their health. One place that sells organic products in the city of Malang is Giant Express Pulosari which was established in 2009. Organic products sold at Giant Express Pulosari consist of rice and vegetables (mustard and bok choy). One of the ways that can be done by the company in maintaining its customers based on consumer purchasing decisions is knowing the factors that influence consumer preferences for a product. The purpose of this study is to determine the effect of product attributes on consumer preferences and purchasing decisions on organic products. This study used a sample of 100 people who had bought and consumed the organic products sold at Giant Express Pulosari, Malang. The data collection was done by distributing and interviewing the consumers. The analysis technique used in this research was SPSS 17.0 and Smart PLS 3.2.0 software. The results of this study indicate that the variables of product attribute can significantly influence consumer preferences and purchasing decisions. Consumer preference is able to mediate the relationship between product attributes and purchasing decisions. The most influential indicator of product attribute variables is packaging design. The most influential indicator on consumer preference variables is the price. Meanwhile, the most influential indicator on purchasing decision variables is the needs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/553/051810896 |
Uncontrolled Keywords: | beras organik, keputusan pembelian, PLS, sayur organik,/ organic rice, organic vegetables, purchasing decision, PLS. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 May 2019 01:38 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 07:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165329 |
![]() |
Text
Voni Lariska Saraswati.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |