Putri A, Nike Helny Rizky Eka (2017) Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Inovasi Program “Jebol Anduk” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar bahwa pemerintah wajib melakukan fungsinya sebagai pemerintah yang salah satunya adalah fungsi pelayanan. Pelayanan yang berkualitas selalu menjadi tuntutan masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan berbagai instansi yang melakuakan pelayanan langsung kepada masyarakat.Upaya perbaikan kualitas pelayanan dapat diwujudkan melalui perubahan sistem,cara atau prosedur melalui program Inovasi yang berorientasi kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten adalah salah satu instansi yang menerapkan inovasi pelayanan melalui Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan “Jebol Anduk”. Penerapan program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan Akta pencatatan sipil kepada masyarakat yang jauh dari pusat pelayanan dengan terjun langsung ke desa-desa sehingga masyarakat tidak perlu pergi ke Kantor untuk mengurus dokumen kependudukan. Program ini telah membawa dampak positif bagi instansi dan juga masyarakat dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu mampu menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi,menganalisa hubungan yang terjadi antar fenomena. Penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu (1) Tahapan atau Proses Inovasi pada Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan yang meliputi tahap Initiation (perintisan) dan tahap Implementation(Implementasi) (2) Faktor Pendukung dan Penghambat inovasi program Jemput Bola Administrasi Kependudukan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Progam Jemput Bola Administrasi Kependudukan ini telah melewati tahapan atau proses Inovasi sehingga dapat dijadikan rujukan bagi instansi lain untuk melakukan program inovasi serupa. Faktor Pendukung inovasi Program “Jebol Anduk” ini antara lain Pengembangan kepemimpinan, Jaringan Inovasi, kerja tim dan kemitraan dan budaya inovasi sedangakn Faktor penghambat yaitu tekanan dan hambatan administratif dan keterbatasan saranan dan parasarana.
English Abstract
This research is conducted based on the government duty to perform its functions such as public service. Quality public services have always been the demand of the society which must be fulfilled by the government and various agencies that directly perform public services. Efforts to improve the quality of public services can be realized by changing the systems, methods and procedures through the society-oriented Innovation Program. The Population and Civil Registration Agency at the Regency level is one of the institutions implementing Service Innovation through Jemput Bola Administrasi Kependudukan program or “Jebol Anduk”. The purpose of this program is to provide the Population Administration Services such as ID, Family Card, and Civil Registration Certificate to the people who live far from the service center by providing the services directly to rural areas, so the people living there would not need to go to the service center to arrange documents. This program has brought a positive impact to the agency as well as the society with the increase of public awareness about population administration proven by the increasing number of people possessing population document especially in Malang Regency. This Research was a descriptive research with qualitative approach, therefore it was expected to be able to accurately portray the actual events and analyze the relation between those events. This research was focused on two points, that were (1) Innovation Stages or Processes of Jemput Bola Administrasi Kependudukan Program which included Initiation stage and Implementation stage (2) Supporting factors and obstacles in Jemput Bola Administrasi Kependudukan Program Innovation. The research result shows that Jemput Bola Administrasi Kependudukan program has passed the innovation stages and processes so that it can be made as an example for other agencies to conduct similar program. The supporting factors of “Jebol Anduk” program innovation were leadership development, Innovation Network, Teamwork, Partnership, and Innovation Culture, while the obstacles included pressure and administrative hindrances, and limited facilities and infrastructures.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/875/051709175 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi,Pelayanan Publik,Jemput Bola,Administrasi Kependudukan Public Services Innovation, Jemput Bola, Population Administration |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 30 Aug 2019 07:08 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 02:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165322 |
Preview |
Text
Nike Helny Rizky Eka Putri A.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |