Analisis Kepuasan Konsumen Produk Fresgurt Berdasarkan Aspek Marketing Mix Dan Dimensi Kualitas (Studi Kasus Di Cv. Brawijaya Dairy Industry, Junrejo, Batu)

Putra, Alfiansyah Primananda (2018) Analisis Kepuasan Konsumen Produk Fresgurt Berdasarkan Aspek Marketing Mix Dan Dimensi Kualitas (Studi Kasus Di Cv. Brawijaya Dairy Industry, Junrejo, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk Fresgurt merupakan produk olahan dari susu sapi segar yang memiliki variasi rasa dan bentuk. Produk Fresgurt diproduksi oleh CV. Brawijaya Dairy Industry. Produk Fresgurt ini memiliki harga yang terjangkau sehingga dapat diperoleh oleh semua kalangan. Salah satu outlet yang menjual produk Fresgurt terdapat di Bakery Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya, Malang. Konsumen paling banyak yaitu mahasiswa yang sering mengkonsumsi produk tersebut. Akan tetapi, masih belum diketahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap produk Fresgurt. Penelitian analisis kepuasan konsumen didasarkan pada dua aspek yaitu marketing mix dan dimensi atribut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA), dengan menentukan jumlah responden sebanyak 70 orang. Berdasarkan hasil input data dari 70 responden maka didapatkan hasil pada Importance Performance Analysis pada rata-rata tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat harapan sebesar 89,9%. Pada hasil rata-rata tingkat kesesuaian yang didapatkan dari hasil rata-rata-seluruh atribut pada tingkat kinerja dan tingkat harapan diperoleh hasil 3,9 pada tingkat kinerja (X) dan 4,3 pada tingkat harapan (Y). Proses selanjutnya yaitu menentukan dan mengelompokkan atribut-atribut apa saja yang masuk kategori kuadran I, kuadran II, kuadran III dan kuadran IV pada diagram kartesius. Pada proses pembuatan diagram kartesius ditentukan titik tengahnya yaitu 3,9 dan 4,3. Adapun dua faktor yang masuk kategori IV yaitu harga yang viii diterima sesuai dengan manfaat dan rasa produk yang manis, hal itu membuktikan bahwa atribut ini berlebihan atau berada pada tingkat kinerja dan harapan yang rendah sehingga bisa ditingkatkan kembali untuk memperbaiki kepuasan konsumen. Sedangkan Customer Satisfaction Index digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh. Perhitungan pada Customer Satisfaction Index diperoleh hasil sebesar 0,89%. Hasil perhitungan tersebut diperoleh dari pembagian hasil dari total nilai Weight Score dibagi HS (5 x total rata-rata tingkat harapan) kemudian dikalikan 100%. Hasil ini membuktikan bahwa tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh berada pada rentang 0,61-0,80 yang berarti konsumen merasa sangat puas terhadap kualitas kinerja CV. Brawijaya Dairy Industry.

English Abstract

Fresgurt products are processed products from fresh cow's milk that has a variety of flavors and shapes. Fresgurt products are produced by CV. Brawijaya Dairy Industry. This Fresgurt product has an affordable price so that it can be obtained by all people. One of the outlets that sell Fresgurt products is in the Agricultural Product Technology Bakery Universitas Brawijaya, Malang. The most consumers are students who often consume the product. However, the level of customer satisfaction is still unknown to the product. Therefore this study aims to determine customer satisfaction with Fresgurt products. Consumer satisfaction analysis research is based on two aspects, namely marketing mix and attribute dimensions. The method used in this study is the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA), by determining the number of respondents as many as 70 people. Based on the results of input data from 70 respondents, the results obtained on the Importance Performance Analysis on the average level of suitability between the level of performance and the level of expectations of 89.9%. On the results of the average level of suitability obtained from the results of the average-all attributes at the level of performance and the level of expectation obtained results of 3.9 at the level of performance (X) and 4.3 at the level of expectation (Y). The next process is to determine and classify any attributes that fall into quadrant I, quadrant II, quadrant III and quadrant IV categories in the Cartesian diagram. In the process of making a Cartesius diagram, the midpoint is determined as 3.9 and 4.3. As for the two factors that fall into category IV, the price received is in x accordance with the benefits and taste of the sweet product, it proves that this attribute is excessive or is at a low level of performance and expectations so that it can be increased again to improve customer satisfaction. While the Customer Satisfaction Index is used to determine the level of overall customer satisfaction. Calculations on the Customer Satisfaction Index obtained results of 0.89%. The results of these calculations are obtained from the division of results from the total weight score divided by HS (5 x total average expectation level) then multiplied by 100%. This result proves that the overall level of customer satisfaction is in the range of 0.61-0.80 which means consumers feel very satisfied with the quality of CV performance. Brawijaya Dairy Industry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/589/051811501
Uncontrolled Keywords: Yoghurt, Kepuasan Konsumen, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 May 2019 07:02
Last Modified: 29 Jun 2022 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165228
[thumbnail of Alfiansyah Primananda Putra.pdf] Text
Alfiansyah Primananda Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item