Proses Brand Positioning sebagai Pembentukan Strategi Iklan Digital (Studi Terhadap Brand Okamoto Indonesia Melalui Iklan Digital Oleh MicroAd Indonesia di Instagram Periode 2017-2018)

Budiman, Nurul Aisyah Harumi (2018) Proses Brand Positioning sebagai Pembentukan Strategi Iklan Digital (Studi Terhadap Brand Okamoto Indonesia Melalui Iklan Digital Oleh MicroAd Indonesia di Instagram Periode 2017-2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana sebuah perusahaan agensi iklan digital yaitu MicroAd Indonesia dalam memasarkan dan membentuk sebuah strategi iklan digital produk kondom Jepang yaitu Okamoto di Indonesia melalui media internet yaitu Instagram. MicroAd Indonesia adalah salah satu agensi iklan digital yang bertaraf multinasional di Indonesia yang memang sudah menangani banyak produk yang ingin memasarkan produknya di iklan digital. Okamoto di Indonesia sendiri, memiliki sebuah masalah yaitu belum memulainya pemasaran produk yang berbentuk sebuah iklan di Indonesia dan Okamoto ingin memulai langsung melalui media internet khususnya Instagram. Hal tersebut menjadi sebuah kerja sama antara MicroAd Indonesia dengan Okamoto Indonesia dalam memasarkan produk kondom tersebut di dunia iklan digital yang ditangani langsung oleh divisi operasional MicroAd Indonesia. MicroAd Indonesia mendapatkan inti dari masalah Okamoto di Indonesia adalah kurangnya brand awareness yang sangat mudah untuk didapatkan jika adanya sebuah brand positioning untuk sebuah produk. Kemudian, penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif karena peneliti ingin melihat bagaimana perencanaan strategi iklan digital produk kondom Okamoto di Indonesia yang dibuat oleh MicroAd Indonesia dari tiga narasumber yang berbeda setiap divisinya dalam menghandle dan memaknai dan merencanakan straetgi social media Okamoto Indonesia khususnya instgram pada periode 2017-2018 dengan menggunakan tahapan proses brand positoning agar dapat diterima di budaya masyarakat Indonesia yang masih tabu akan pemasaran sebuah iklan produk kondom.

English Abstract

This study aims to describe and find out how a digital advertising agency company which is MicroAd Indonesia to markets and forms a strategy digital advertising of Okamoto condom product in Indonesia throught the internet as their media to Instagram. MicroAd Indonesia is one of the multinational digital advertising agencies in Indonesia that has handlend many products who wants to market their product in digital advertising. One of the product handled by Microad Indonesia is a Japanese condom product which in 2017 wants to enter the realm of digital adevertising marketing in Indonesia. This has become a collaboration between MicroAd Indonesia and Okamoto Indonesia in marketing for these condom products in the world of digital advertising. Then, MicroAd Indonesia has operastional division who handles the problem in forming and processing a digital advertising strategi for Okamoto Indonesia for 2017-2018 period. MicroAd Indonesia gets the essence of the Okamoto problem in Indonesia is the lack of brand awareness that is very easy to obtain if there is a brand positioning for a product. Then, this study uses the interpretive paradigm because researchers want to see how the planning of the digital advertising strategy for Okamoto condoms in Indonesia made by MicroAd Indonesia from three different sources each in handling and interpreting and planning the Okamoto Indonesia social media strategy specifically in the 2017- period program. 2018 by using the stages of the positoning brand process so that it can be accepted in the culture of Indonesian society which is still taboo on marketing a condom product ad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1144/051901590
Uncontrolled Keywords: MicroAd Indonesia, Iklan Digital, Brand Positoning, Strategi Iklan Kondom. MicroAd Indonesia, Digital Advertising, Brand Positioning, Condom Advertising Strategy.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Sep 2019 07:12
Last Modified: 19 Jun 2024 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165114
[thumbnail of Nurul Aisyah Harumi Budiman.pdf]
Preview
Text
Nurul Aisyah Harumi Budiman.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item