Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Pada Go-Food Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya

Permani, Dewi Intan (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Pada Go-Food Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat, penggunaan internet juga selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya. Penggunaan internet yang meningkat bisa dijadikan sebagai peluang usaha bagi industri inovatif berbasis internet. Contoh layanan yang tersedia pada transportasi online tersebut adalah layanan Go-Food. Layanan tersebut menjadi salah satu alternatif mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu makan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada layanan Go-Food. Penelitian dilakukan pada Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Partial Least Square (PLS). Berdasarkan uji statistik menggunakan metode Partial Least Square (PLS), hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitipun dengan harga yaitu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang ignifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan untuk harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Untuk keputusan pembelian sendri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji medasi atau hubungan secara tidak langsung pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen vii melalui keputusan pembelian tidak memiliki pengaruh yang bsignifikan.

English Abstract

Along with the rapid development of information technology, internet usage has always increases every year. Internet usage that increase can be used as a business opportunity for innovative internet-based industries. An example of the services available on online transportation is the Go-Food service. This service is one of the alternatives for students to fulfill their daily needs, namely eating. The purpose of this study was to determine the effect of service quality and price to consumer satisfaction on Go-Food services. The study was conducted to Brawijaya University Students, Malang with a total sample of 100 respondents. The method used in this study is the Partial Least Square (PLS) method. Based on the test using the Partial Least Square (PLS) method, the results of the study show that service quality has a significant influence on purchasing decisions. as well as prices that have a significant influence on purchasing decisions. Service quality has a significant influence on customer satisfaction, while price not having a significant effect on customer satisfaction. for the purchasing decision it self has a significant influence on customer satisfaction. mediation test or the relationship of the indirect effect of service quality on customer satisfaction through purchasing decisions has significant influence, while at the same time on consumer satisfaction through purchasing decisions, do not have a significant effect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/626/051900656
Uncontrolled Keywords: Go-Food, Harga, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Partial Least Square (PLS),/ Go-Food, Price, Consumer Satisfaction, Purchase Decision, Service Quality, Partial Least Square (PLS)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:20
Last Modified: 23 Nov 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165106
[thumbnail of Dewi Intan Permani.pdf] Text
Dewi Intan Permani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item