Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Es Krim Aice Menggunakan Metode Pls (Partial Least Square) Di Kota Malang

Malau, Gloria Elizabeth (2018) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Es Krim Aice Menggunakan Metode Pls (Partial Least Square) Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis es krim di Indonesia saat ini sangat pesat dengan persaingan yang juga semakin ketat. Berbagai merek es krim dari perusahaan yang berbeda dapat dengan mudah kita jumpai di pasar dan semakin banyak pula pilihan es krim untuk di konsumsi konsumen. Di Kota Malang akhir-akhir ini, mulai bermunculan produk es krim yang baru. Salah satunya adalah produk es krim Aice. Munculnya es krim Aice menyebabkan meningkatnya persaingan antar produk es krim satu dengan produk es krim lainnya ,sehingga para pelaku usaha mencari cara yang dapat dijadikan sebagai keunggulan dalam persaingan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mampu bersaing adalah mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga,citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli dan keputusan pembelian terhadap es krim Aice, dan pengaruh minat beli memediasi variabel harga, citra merek, kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan variabel harga (X1), Citra merek (X2), kualitas produk (X3) terhadap minat beli (Y1) dan keputusan pembelian (Y2), dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk es krim Aice dalam enam bulan terakhir di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran dan wawancara kepada konsumen. Pengolahan data menggunakan metode PLS (Partial Least Square). vii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga (X1), citra merek (X2) dan kualitas produk (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli (Y1) dan keputusan pembelian (Y2). Variabel minat beli (Y1) mampu memediasi hubungan antara variabel harga (X1), citra merek (X2) dan kualitas produk (X3) terhadap keputusan pembelian (Y2). Variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel kualitas produk (X3).

English Abstract

The development of the ice cream business in Indonesia is currently very fast with competition that is also getting tighter. Various brands of ice cream from different companies can easily be found in the market and more and more choices of ice cream for consumer consumption. In Malang City recently, new ice cream products have emerged. One of them is Aice ice cream products. The emergence of Aice ice cream has resulted in increased competition between ice cream one products and other ice cream products, so that businesses seek ways that can be used as an advantage in competition. One of the ways that can be done by companies to be able to compete is knowing the factors that influence consumer purchasing decisions on a product. The purpose of this study was to determine the effect of price, brand image and product quality on buying interest and purchasing decisions on Aice ice cream, and the influence of buying interest mediated the price, brand image, product quality variables on purchasing decisions. This study uses price variables (X1), brand image (X2), product quality (X3) on buying interest (Y1) and purchasing decisions (Y2), with a total sample of 100 respondents who had bought and consumed Aice ice cream products in six last month in Malang City. Data collection is done by distributing and interviewing consumers. Data processing using the PLS (Partial Least Square) method. The results of this study indicate that the price variable (X1), brand image (X2) and product quality (X3) significantly influence buying interest (Y1) and purchasing decisions (Y2). Interest buying variable (Y1) is able to mediate the relationship ix between price variable (X1), brand image (X2) and product quality (X3) on purchasing decisions (Y2). The variables that have the most dominant influence on purchasing decisions are product quality variables (X3)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/573/051811363
Uncontrolled Keywords: Es Krim Aice, Keputusan Pembelian, PLS,/ Aice Ice Cream, Purchase Decision, PLS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.8 Cooking specific kinds of dishes and preparing beverages
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:05
Last Modified: 23 Nov 2021 05:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164944
[thumbnail of Gloria Elizabeth Malau.pdf] Text
Gloria Elizabeth Malau.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item