Efektivitas Penggunaan Tagline “Kini Siapapun Bisa Terbang” Pada Iklan AirAsia Indonesia Dalam Meningkatkan Brand Awareness

Ade L. H, R. Yanuar (2018) Efektivitas Penggunaan Tagline “Kini Siapapun Bisa Terbang” Pada Iklan AirAsia Indonesia Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tagline/selogan merupakan bagian dari iklan yang bertujuan agar iklan tersebut mudah diingat oleh konsumen. Tujuan atau fungsi adanya tagline AirAsia Indonesia “Kini Siapapun Bisa Terbang” mampu mempersuasi dan meningkatkan brand awareness untuk pengguna maskapai tersebut. Adapun indikator dari tagline yaitu, original, believable, simple, provocative, persuasive, dan memorable. Sedangkan indikator dari brand awareness yaitu, unware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan tagline “Kini Siapapun Bisa Terbang” pada iklan AirAsia Indonesia dalam meningkatkan brand awareness pengguna atau konsumen maskapai tersebut. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif yang menghubungkan atau mencari sebab akibat antara dua variabel atau lebih, dan survei adalah metode penelitian untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Untuk menguji penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner yang berisi 12 butir pertanyaan yang disebarkan kepada 100 orang responden yang memenuhi kriteria penelitian. Pertanyaan yang ada dalam kuesioner disesuaikan dengan varibel yang diteliti yang tagline dan brand awareness. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan tagline tersebut dapat dikatakan berpengaruh dan dapat meningkatkan brand awareness dengan menggunakan uji regresi liner sederhana. Secara parsial/menyeluruh terdapat pengaruh antara variabel tagline dan brand awaremess. Kontribusi penggunaan tagline ditunjukkan oleh nilai R2 diperoleh hasil sebesar 0,545 atau sebesar 54,5%, sedangkan sisanya sebesar 45,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil dari analisi ini dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas secara parsial/menyeluruh mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel dependen (brand awareness).

English Abstract

Tagline is part of the ad to make it easy for consumers to remember. The purpose or function of the tagline AirAsia Indonesia "Kini Siapapun Bisa Terbang" is able to persuade and enhance brand awareness for the airline users. The indicator of the tagline is, original, believable, simple, provocative, persuasive, and memorable. indicator of brand awareness that is, unware of brand, brand recognition, brand recall, and top of mind. This research aims to find out how the effectiveness of the use of the tagline "Kini siapapun Bisa Terbang" on advertising AirAsia Indonesia in raising brand awareness of the user or consumer of the airline. This type of research is explanative which links or search for causal between two or more variables, and a survey is a method of research to collect data in this research. To test the research the author uses a questionnaire that contains 12 questions were distributed to 100 people respondents who meet the criteria of the research. Existing questions in the questionnaire adapted to the varible who examined the tagline and brand awareness. The results of this research is to determine whether the use of the tagline can be said to take effect and can increase brand awareness by using simple regression test liner. Partially/thorough there are influences between variables and brand tagline awareness. The contribution of the use of the tagline is indicated by a value of R2 obtained results of 0.545 or of 54.5%, while the rest amounted to 45.6% is explained by other variables that are not included in this study. The results from this analysis it can be concluded that all of the free variables in partial/thorough influence the dependent variables against meaningful (brand awareness).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/372/051805501
Uncontrolled Keywords: Tagline, Brand Awareness, Iklan, Iklan Televisi Tagline, Brand Awareness, Advertisement, Television Commercial
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:42
Last Modified: 21 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164602
[thumbnail of R. Yanuar Ade L. H.pdf] Text
R. Yanuar Ade L. H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item