Analisis Keterkaitan Dimensi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Kelompok Usaha King Betiri, Jember)

Sugiharta, I Nyoman (2018) Analisis Keterkaitan Dimensi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Kelompok Usaha King Betiri, Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

King Betiri merupakan kelompok usaha yang bergerak dibidang pengembangan produk toga yang berlokasi di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember, Jawa Timur. Salah satu produknya adalah empon instan yang memiliki berbagai varian diantaranya instan jahe, instan kunyit, instan temulawak, instan kunci sirih dan instan lidah buaya dengan kapasitas produksi 10 kg/minggu. Permasalahan yang dihadapi oleh King Betiri adalah inkonsistensi kualitas produk akibat bahan baku yang tidak konsisten dan proses produksi dengan peralatan yang kurang memadai. Hal ini berakibat pada rendahnya penjualan, fluktuasi pesanan, dan terdapat keluhan mengenai rasa empon instan. Kualitas produk sangat mempengaruhi keputusan pembelian karena atribut-atribut dari kualitas produk merupakan elemen yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian. Pasca keputusan pembelian akan berdampak pada kepuasan konsumen. Berdasarkan kondisi yang dialami, dibutuhkan analisis keterkaitan dimensi kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi kualitas produk yaitu performance, conformance, durability dan aesthetics terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen empon instan King Betiri. Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengetahui hubungan variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel eksogen yang digunakan adalah dimensi kualitas mencakup performance (X1), conformance (X2), durability (X3), dan aesthetics (X4) sedangkan variabel endogen yang digunakan adalah keputusan pembelian (Y1) dan kepuasan konsumen (Y2). Penelitian ini menggunakan instrumen vii penelitian berupa kuisioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli dan mengkonsumsi empon instan King Betiri minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir yang diambil sebanyak 67 sampel. Hasil uji menggunakan Partial Least Square dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel performance terhadap keputusan pembelian. Variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap variabel keputusan pembelian antara lain adalah variabel conformance, durability, dan aesthetics. Adapun variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap variabel kepuasan konsumen adalah variabel keputusan pembelian. Indikator yang paling berpengaruh berdasarkan loading factor dari seluruh variabel adalah kepercayaan konsumen, sehingga perbaikan pada kualitas produk untuk meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap empon instan King Betiri paling diprioritaskan.

English Abstract

King Betiri is a business group focuses on the production of medicinal plants located in Desa Andongrejo, Tempurejo, Jember, East Java. One of the products is instant empon which has various variants such as instant ginger, instant turmeric, instant temulawak, instant kunci sirih, and instant aloe vera with the production capacity of 10 kg/week. The problem faced by King Betiri is the inconsistency of product quality due to inconsistent raw materials and production processes with inadequate equipment. This results in low sales, fluctuations in orders, and there are complaints about the taste of instant empon. The quality of the product greatly influences customer’s purchase decisions since the attributes of product quality are the elements considered by the consumers in making a purchase. Post purchase decisions will impact the consumer satisfaction. Based on this condition, it requires the analysis of the relation of product quality dimensions on the customer’s purchase and consumer satisfaction. The aim of this study is to find out the influence of product quality dimensions namely performance, conformance, durability and aesthetics on the customer’s purchase decisions and consumer satisfaction of buying an instant empon from King Betiri. Partial Least Square (PLS) was used to determine the relationship of exogenous variables to endogenous variables. Exogenous variables used were the quality dimensions including performance (X1), conformance (X2), durability (X3), and aesthetics (X4) while endogenous variable used were purchasing decision (Y1) and consumer satisfaction (Y2). This research used research instrument in the form of questionnaire. The population of this study was customers who have purchased and consumed instant empon from King Betiri at ix least 2 times in the last 6 months which taken as many as 67 samples. The result of this study indicates that there is no significant influence between performance variables to purchase decision. Variables that have significant influence and positive relationship to purchase decision variables include the variable conformance, durability, and aesthetics. The variable that has a significant influence and positive relationship to cosumer satisfaction variable is the purchase decision variable. The most influential indicator based on the loading factor is the customer confidence, so improvements in product quality to improve consumer confidence is the most priority.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/292/051807928
Uncontrolled Keywords: kepuasan konsumen, keputusan pembelian, kualitas produk,/ consumer satisfaction, purchasing decision, product quality
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jun 2019 04:08
Last Modified: 23 Nov 2021 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164560
[thumbnail of I Nyoman Sugiharta.pdf] Text
I Nyoman Sugiharta.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item