Pratama, Stefanus Adi (2018) Pengaruh Pemasaran Relasional Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Apple Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pemasaran relasional dan nilai pengguna terhadap kepuasan pengguna smartphone iPhone di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabelnya melalui pengujian hipotesis. Sampel responden dalam penelitian diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, responden berjumlah 180 orang pengguna smartphone iPhone di Kota Malang yang mempunyai akun media sosial dan sudah berumur 17 tahun keatas. Uji hipotesis menggunakan Analisis Liner Berganda dan dibantu dengan software SPSS untuk memudahkan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemasaran relasional berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel kepuasan pengguna. Variabel nilai pengguna juga berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel kepuasan pengguna. Hasil Adjusted R Square sebesar 0,530 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antar variabel sebesar 0.408 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pemasaran relasional dan nilai pengguna terhadap kepuasan pengguna smartphone iPhone di Kota Malang sebesar 53% sedangkan sisanya 47% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penilitian ini.
English Abstract
This research examines the influence of relationship marketing and customer value on user satisfaction on iPhone smartphone user in Malang. This explanatory research explains the causal relationship between its variables through hypothesis testing. The sample of this research were selected using non-probability sampling technique with purposive sampling methods. This research examines responses from 180 iPhone smartphone user in Malang. The hypotheses were examined using Multiple Linear Regression, and the data were analyzed using SPSS software. The result shows that relationship marketing has a positive and significant effect on customer satisfaction.. Furthermore, customer value has a positive and significant effect on customer satisfaction. The result of Ajusted R Square at shows that the magnitude of the influence of the variables is 0.530, which means relationship marketing and customer value affect 53 % of the costumer satisfaction of iPhone smartphone in Malang. The remaining 47% is explained by other variables not included in this research
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/763/051901422 |
Uncontrolled Keywords: | pemasaran relasional, nilai pengguna, kepuasan pengguna, Apple, iPhone, relationship marketing, customer value, customer satisfaction, Apple, iPhone. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Jun 2019 07:25 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164558 |
![]() |
Text
STEFANUS ADI PRATAMA.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |