Pengaruh Store Atmosphere dan Customer Value Terhadap Kepuasan Konsumen pada Uniccrab

Bahari, Galih Prakoso Satriyo (2018) Pengaruh Store Atmosphere dan Customer Value Terhadap Kepuasan Konsumen pada Uniccrab. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis boga (makanan) atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah bisnis kuliner, merupakan jenis usaha yang selalu marak ditawarkan di Kota Malang. Para pengusaha akan melakukan berbagai strategi untuk menarik konsumen dan memperbaiki customer value agar dapat meningkatkan daya saing yang diharapkan berdampak pada peningkatan penjualan dan kepuasan konsumen. Strategi Store atmosphere yang terdiri dari Instore atmosphere dan Outstore atmosphere bisa menjadi alternatif untuk membedakan toko yang satu dengan yang lainnya. Uniccrab merupakan salah satu restoran di kota Malang yang memiliki konsep store atmosphere yang menarik dengan mengusung konsep view indoor dan outdoor. Uniccrab juga memiliki banyak pesaing lainnya yang juga menjual produk yang serupa dengan konsep restoran yang menarik seperti : Warung Cak Tomo, Kepiting Soka, dan Sampan Leker. Dengan persaingan yang semakin ketat, Uniccrab perlu meningkatkan kekuatan yang ada di dalam dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaing untuk dapat menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh outstore atmosphere dan instore atmosphere terhadap customer value dan kepuasan konsumen pada Uniccrab Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Variabel independen dalam penelitian ini adalah store atmosphere. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer value dan kepuasan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 100 kuesioner yang diisi oleh responden yang mengunjungi Uniccrab. xiv Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh store atmosphere terhadap customer value, store atmosphere terhadap kepuasan konsumen, dan customer value terhadap kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya variabel customer value memediasi secara parsial hubungan antara store atmosphere dan kepuasan konsumen. Pengaruh paling besar/dominan terdapat pada pengaruh store atmosphere (X1) terhadap customer value (Y1) dengan nilai original sample sebesar 0,508 . Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar Uniccrab tetap menjaga keunggulan store atmosphere yang dimiliki, karena sebagian pelanggan memutuskan membeli karena store atmosphere-nya, dan tetap menjadikan kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan utama Uniccrab karena hal tersebut berdampak besar pada pembelian selanjutnya.

English Abstract

Food business or which is currently better known as culinary business, is a type of business that is always lively offered in the city of Malang. The entrepreneurs will carry out various strategies to attract consumers and improve customer value in order to improve competitiveness which is expected to have an impact on increasing sales and customer satisfaction. Store atmosphere strategy which consists of Instore atmosphere and Outstore atmosphere can be an alternative to distinguish one store from another. Uniccrab is one of the restaurants in the city of Malang which has an interesting store atmosphere concept with the concept of indoor and outdoor views. Uniccrab also has many other competitors who also sell products similar to interesting restaurant concepts such as: Cak Tomo Stall, Soka Crab, and Sampan Leker. With increasingly fierce competition, Uniccrab needs to increase the strengths that exist within by giving rise to differences or uniqueness compared to competitors to attract consumers buying interest. This study aims to explain the influence of outstore atmosphere and instore atmosphere on customer value and customer satisfaction in Uniccrab Malang. This study uses quantitative research methods using Structural Equation Model (SEM) based on Partial Least Square (PLS). The independent variables in this study are store atmosphere. The dependent variable used in this study is customer value and customer satisfaction. Data collection was carried out by distributing as many as 100 questionnaires filled by respondents who visited Uniccrab. The results showed that the influence of store atmosphere on customer value, store atmosphere on consumer satisfaction, and customer value on customer satisfaction had a positive and xvi significant effect. Furthermore, customer value variables partially mediate the relationship between store atmosphere and consumer satisfaction. Most impact / influence store atmosphere dominant of the customer value (Y1) with the Original Sample values for 0.508. Based on these results it is recommended that Uniccrab store atmosphere while maintaining the advantages possessed, as some customers decided to buy because his store atmosphere, and still make the customer satisfaction as one of the main objectives of Uniccrab because it is a major impact on next purchase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/556/051811155
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Customer Value, Kepuasan Konsumen,/Store Atmosphere, Customer Value, Consumer Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:12
Last Modified: 04 Jul 2019 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164545
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item