Penyusunan Kombinasi Atribut Chocolate Monggo Berdasarkan Preferensi Konsumen dengan Metode Conjoint Analysis

Fransisca S., Maria (2018) Penyusunan Kombinasi Atribut Chocolate Monggo Berdasarkan Preferensi Konsumen dengan Metode Conjoint Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu kota wisata populer di Indonesia. Meningkatnya jumlah wisatawan DIY menyebabkan produsen oleh-oleh makin bermunculan. Seiring berkembangnya zaman dan industri, serta didukung oleh perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat, permintaan dan keinginan wisatawan makin beragam. Banyak produsen oleh-oleh kuliner yang menciptakan produk baru namun tetap memiliki ciri khas Yogyakarta. Salah satunya adalah produk cokelat yaitu Chocolate Monggo yang diproduksi oleh PT Anugerah Mulia Sentosa. Chocolate Monggo berlokasi di daerah Kotagede, Yogyakarta dan merupakan produk yang tergolong baru serta masih membutuhkan uji konsep produk sebagai bahan evaluasi. Chocolate Monggo memiliki berbagai atribut seperti varian, isian cokelat, kandungan dark cokelat, dan edisi cokelat. Atribut tersebut dapat dirancang ke dalam berbagai konfigurasi berbeda untuk menarik minat dan mempengaruhi preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi atribut Chocolate Monggo sesuai preferensi konsumen. Profil atau stimuli yang terbentuk pada penelitian ini sebanyak 54 profil dan dilakukan pengurangan sehingga menghasilkan sembilan profil dan dua holdout. Sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 125 responden yang sudah pernah membeli atau mengonsumsi Chocolate Monggo. Analisis preferensi konsumen dilakukan menggunakan metode conjoint analysis. Teknik ini secara spesifik digunakan untuk memahami bagaimana keinginan atau preferensi konsumen terhadap suatu produk dengan mengukur tingkat kegunaan dan nilai kepentingan relatif berbagai atribut suatu produk. Tahapan dalam menggunakan conjoint analysis meliputi penentuan viii atribut dan taraf, membuat stimuli dengan bantuan software SPSS 17.0 for Windows dan dilanjutkan dengan proses conjoint. Hasil preferensi konsumen terhadap Chocolate Monggo menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap atribut (karakteristik) Chocolate Monggo adalah varian praline dengan nilai kegunaan 0,064. Isian cokelat original dengan nilai kegunaan 0,128. Kandungan dark cokelat sedang (69%) dengan nilai kegunaan 0,147 dan edisi cokelat souvenirs dengan nilai kegunaan 0,045. Tingkat kepentingan konsumen terhadap atribut Chocolate Monggo dimulai dari yang paling dipentingkan sampai kurang dipentingkan berturut – turut adalah kandungan dark cokelat, isian cokelat, varian dan edisi cokelat. Strategi yang dapat dilakukan PT Anugerah Mulia Sentosa yaitu mengembangkan produk berdasarkan atribut – atribut paling disukai serta dengan melihat kombinasi sesuai dengan preferensi konsumen.

English Abstract

The Special Region of Yogyakarta is one of popular tourist destinations in Indonesia. The increasing number of tourist attractions in that region drives the increase in number of producers of culinary. As the times and industrial sectors develop which are supported by changes in people's behavior and lifestyles, the demand and desire of tourists is increasingly diverse. Many producers have created new products without eliminating typical characteristics of Yogyakarta food. One them is a chocolate product namely Chocolate Monggo that is produced by PT Anugerah Mulia Sentosa which takes place in Kotagede, Yogyakarta. Considered a new product, for evaluation purpose, Chocolate Monggo needs a test named product concept test. This product has some attributes including variant, chocolate filling, dark chocolate contained, and chocolate edition. Those attributes can be designed into varied configurations to pull consumers interest and influence their preference. This study aimed at determining the combinations of those attributes to be in accordance with the consumer preference. A number of 54 profiles or stimuli were formed initially in this study and then reduced into 9 profiles and 2 holdouts. The sample taken as respondents were 125 people having experience in buying or consuming the products of Chocolate Monggo. Analysis of the consumer preference was done using conjoint analysis method which specifically used to understand how the preference of consumer for a product is by measuring the levels of use-values and relative importance of the attributes attached in the product. Stages of using the method included determining attributes and levels, making stimuli with the x assistance of SPSS 17.0 for Windows, and finally processing the conjoint analysis. The findings indicated that the consumer preference for the Chocolate Monggo’ attributes (characteristics) were for the variants of praline, original chocolate filling, medium dark chocolate contained (69%), and chocolate made for souvenir edition with the use-values of 0.064, 0.128, 0.147, and 0.045, respectively. Meanwhile, the relative importance levels of those attributes, starting from the most important to the less important attributes were starting from dark chocolate contained, chocolate filling, variants, to chocolate edition, respectively. Based on that, the strategy may be implemented by PT Anugerah Mulia Sentosa is to develope its products based on the most interesting attributes by considering combinations according to the consumer preference.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/557/051811156
Uncontrolled Keywords: Cokelat, Atribut, Preferensi konsumen, Conjoint Analysis,/ Chocolate, Attribute, Consumer Preference, Conjoint Analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 May 2019 01:36
Last Modified: 23 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164539
[thumbnail of Maria Fransisca S.pdf] Text
Maria Fransisca S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item