Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Asam Asetat Terhadap Karakteristik Fisika dan Kimia Gelatin dari Kulit Ikan Ayam ayam (Abalistes stellaris)

Muyasyaroh, Hidayatun (2018) Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Asam Asetat Terhadap Karakteristik Fisika dan Kimia Gelatin dari Kulit Ikan Ayam ayam (Abalistes stellaris). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gelatin merupakan protein terdenaturasi yang berasal dari jaringan kolagen melalui proses thermo-hidrolisis.Gelatin biasanya bersumber dari limbah hewan ternak seperti tulang atau kulit babi dan sapi. Seiring perkembangan zaman telah dilakukan banyak penelitian pembuatan gelatin dari tulang atau kulit ikan sebagai alternatif gelatin halal. Sebagai salah satu komoditi ekspor terbesar, ikan menyumbang limbah yang sangat besar. Pada produksi ikan ayam ayam asap menghasilkan limbah berupa kulit, dimana limbah kulit ayam ayam yang biasanya di buang ke sungai dapat di proses kembali menjadi produk yang bernilai lebih ekonomis yaitu gelatin. Gelatin berkualitas harus didapatkan dengan proses yang tepat. Teknik ekstraksi seperti tingkat keasaman, jenis larutan perendaman, lama perendaman dan suhu ekstraksi dapat mempengaruhi sifat-sifat gelatin. Larutan asam merupakan senyawa kimia yang biasanya digunakan pada proses perendaman untuk menghidrolisis gelatin. Sifat asam pada larutan asam asetat mampu merubah serat kolagen triple helix menjadi rantai tunggal dalam jangka waktu yang lebih singkat. Berdasarkan penelitian sebelumnya, variasi konsentrasi pelarut yang digunakan akan memberikan nilai rendemen gelatin dari kulit ikan yang berbeda. Selain variasi konsentrasi, jenis larutan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam proses ekstraksi gelatin. Semakin baik kerja pelarut yang digunakan selama proses curing maka pembuatan gelatin dikatakan efektif. Pada penelitian ini peneliti akan melakukan penelitian pembuatan gelatin menggunakan asam asetat dengan konsentrasi berbeda pada proses perendaman (curing) untuk mendapatkan produk gelatin yang memenuhi standart. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret sampai Agustus di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan dan Laboratorium Nutrisi Ikani, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Penelitian utama dilakukan dengan pembuatan gelatin dari limbah kulit ikan ayam ayam menggunakan perbedaan konsentrasi asam asetat yaitu 0,2 M; 0,4 M; 0,6 M. Penelitian dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana yang terdiri dari 6 kali ulangan. Analisa fisika dan kimia meliputi rendemen, kadar air, kadar protein, kadar abu, kadar lemak, kekuatan gel, viskositas, pH, titik leleh, titik gel, warna, dan asam amino. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembuatan gelatin dari limbah kulit ikan ayam ayam (Abalistes stellaris) dengan perbedaan konsentrasi berbeda yaitu 0,2 M; 0,4 M; dan 0,6 M menunjukkan hasil yang berpengaruh nyata pada rendemen, kekuatan gel, viskositas, dan titik leleh. Pada penelitian ini diperoleh perlakuan terbaik pada konsentrasi 0,6 M. Perlu dilakukan analisa kimia lebih lanjut seperti uji ESI, EAI, logam berat, dan uji organoleptik untuk memenuhi gelatin standart.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/848/051811632
Uncontrolled Keywords: Gelatin, Kolagen, Kulit Ikan Ayam ayam, Abalistes stellaris, Karakteristik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.2 Starches and jellying agents > 664.26 Gelatin / Gelatin industry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:28
Last Modified: 22 Jul 2019 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164508
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item